Musim dingin masih berlangsung saat ini di wilayah tempat tinggal kami. Suhu minus paling ekstrim sekian derajat sepertinya sudah kami lewati. Lucunya, beberapa hari ini suhu menjadi meningkat lebih dari sepuluh derajat celcius. Cuaca yang cerah pun banyak dimanfaatkan untuk keluar rumah ke taman, hutan, danau dan area publik sekitar.

Namun saya juga tidak ingin melewatkan dessert buatan saya di rumah meskipun sekarang masih musim dingin. Saya membuat ketiganya sebagai hidangan pencuci mulut. Di balik berbagai aneka masakan yang saya ceritakan, dessert berikut dibagikan pada anda karena begitu mudah dipraktikkan di rumah.

1. Joghurt rasa raspberry

Yoghurt yang dijual di pasaran itu beragam jenis dan rasanya. Sebagai hasil fermentasi susu, yoghurt kaya akan serat yang baik untuk sistim pencernaan dan sumber protein juga. Persoalannya, bagaimana cara mengemas yoghurt agar bisa dinikmati anggota keluarga. Rupanya kita perlu membuatnya semenarik mungkin.

Saya buat yoghurt dalam dua rasa seperti di atas. Pertama siapkan rasa raspberry yang sedikit asam. Haluskan dengan juicer, kemudian tambahkan sedikit gula halus dan sedikit susu cair. Siapkan gelas dessert, masukkan yoghurt tanpa rasa yang mild. Isi bagian berikutnya dengan raspberry yang dihaluskan. Mudah ‘kan!

2. Tiramisu

Tiramisu

Dessert kedua adalah tiramisu bagi anda yang suka dengan rasa kopi. Pasalnya saya memanfaatkan kopi sisa sarapan pagi. Dessert asal Italia ini memang menggiurkan. Itu sebab saya usahakan bahan-bahan yang diperlukan seperti keju mascarpone, ameretto, kopi dingin, krim, gula vanili dan bubuk kakao sebagai hiasasan.

Pertama, saya campurkan semua adonan kecuali bubuk kakao. Anda bisa mengganti amaretto dengan rum. Saya gunakan mixer dengan level paling tinggi selama 10 menit. Setelah adonan selesai, masukkan dalam gelas saji. Simpan dalam lemari pendingin minimal satu jam. Anda juga bisa menghiasinya dengan bubuk kakao.

3. Puding Vanila dan Cokelat dengan dasar biskuit

Puding rasa vanila dan cokelat tanpa gula.

Dessert ketiga adalah puding yang mungkin sudah banyak anda ketahui. Namun puding rasa vanila, puding rasa pisang hingga puding rasa kopi pun sudah saya bagikan pada anda. Kali ini saya bagikan bagaimana memadukan puding rasa vanila dan cokelat bersamaan.

Dasar dari puding adalah biskuit yang dihancurkan dan direndam susu cair agar bagian dasar gelas saji menjadi rata. Untuk dasar adalah 10 lembar biskuit dengan susu cair 50 ml. Hancurkan biskuit dan beri susu cair. Buat seperti adonan kemudian letakkan di bagian dasar gelas saji.

Saya hanya butuh 1 bungkus puding rasa vanila dan susu cair 500 ml. Ambil wadah dan campurkan dengan baik keduanya. Kemudian bagi dua menjadi 250 ml dan sisanya. Untuk adonan puding cokelat pertama adalah panaskan wajan dengan sisa puding. Beri satu sendok kecil bubuk kakao. Aduk hingga matang, kemudian letakkan di atas dasar biskuit.

Untuk adonan 250 ml, silakan diaduk hingga liat dan matang. Letakkan di atas gelas saji setelah adonan puding cokelat. Hiasi sesuai selera. Simpan dalam lemari pendingin lebih dari satu jam.

Selamat mencoba dan semangat hari senin!