Di Jerman dikenal sebutan Stern von Betlehem.

Bunga warna oranye yang satu ini memang memikat saya. Itu sebab saya letakkan di dekat meja kerja saya karena warnanya memberi stimulasi yang menggembirakan dan perasaan antusias. Saya semakin terpikat manakala sinar matahari membuat bunga ornitoghalum semakin bersinar memberikan suasana yang hangat kala musim dingin saat ini.

Saya berusaha mencari padanan kata nama bunga ini dalam bahasa indonesia. Di Jerman kami menyebutnya adalah Stern von Betlehem. Konon bentuk bunga seperti bintang seolah menggambarkan kisah kelahiran Yesus yang diceritakan dalam Alkitab. Oleh karena itu, bunga ini pun disebut dalam bahasa inggris sebagai Star of Betlehem.

Di Indonesia bunga ini dikenal dengan sebutan bintang betlehem dan lainnya menyebut ornitoghalum. Selain warna oranye, terdapat pula warna putih dengan kelopaknya seperti bintang. Daunnya berwarna hijau kental tampak seperti daun buatan. Biasanya bunga ini tumbuh liar dan tidak dikenali.

Bunga warna oranye yang indah.

Sebagai salah satu famili dari kelompok bunga lily, bunga ornitoghalum yang saya miliki sekitar 10 sentimeter. Bunga ini tumbuh dari umbinya yang berserat seperti bawang. Namun memang perlu penanganan khusus untuk merawatnya alias sangat tidak mudah.

Saat saya meletakkan bunga ini langsung terpapar matahari, kelopak bunga langsung mati. Kita tidak bisa meletakkannya langsung ke paparan matahari. Tak hanya itu, saya mesti hati-hati menyiram bunga ini. Air yang diberikan pun tidak berlebihan. Periksa tanahnya agar menjadi tahu kapan sebaiknya kita memberikan air. Apalagi musim dingin di Eropa masih berlangsung, bunga cantik ini ada dalam ruangan.

By the way soal umbi pada bunga ornitoghalum, umbinya sama seperti bawang. Dahulu banyak orang merebus umbinya yang sangat berkhasiat. Sekarang umbi bunga ini dipakai dalam dunia pengobatan sebagai salah satu bahan baku obat.

Di Jerman saya bisa menemukan khasiat umbi bunga bintang betlehem ini yang sudah dikemas dalam bentuk obat. Salah satunya yang saya ketahui adalah obat untuk mengatasi permasalahan dalam saluran pencernaan. Lainnya berpendapat khasiat dari bunga bintang betlehem adalah meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik bilamana ada keluhan letih, lesu dan tak bergairah.

Hmm, saya yang memiliki dan melihat bunga bintang betlehem saja sudah membuat saya bersemangat bekerja di depan laptop. Apakah itu efek warna oranye yang dipancarkan dari bunga ini?

Saya pikir sesekali kita perlu menambahkan bunga berwarna oranye di dalam ruangan agar membuat suasana hati lebih baik. Tak hanya cantik dalam ruangan saja, tetapi bunga warna oranye memberi kesan tersendiri.