Tips Untuk Anda (31): Ketoprak Makanan Indonesia Tidak Pakai Kacang Giling, Ini Caranya

Bayangkan anda ingin makan ketoprak tetapi anda sedang tak berada di Indonesia. Kondisi lainnya, anda ingin membuat ketoprak tetapi anda tak punya kacang giling. Begitulah kedua fenomena yang saya alami saat ini.

Contohnya saya ingin makan pepes tahu, tetapi saya tidak punya daun pisang. Alhasil saya buat pepes tahu pakai alumunium foil. Cerita saya bisa dicek di link yang ditautkan. Cerita lain, bagaimana saya membuat bakso tanpa es batu. Apa daya food streets yang begitu mudah di Jakarta, begitu sulit buat saya saat saya ingin makan ketoprak saat berada di negeri perantauan.

Ketoprak adalah salah satu makanan tradisional asal Indonesia. Isi ketoprak antara lain lontong nasi, tahu goreng, bihun, tauge, krupuk yang berbaur dengan sambal kacang giling.

Setelah berhasil membuat lontong tanpa daun, kini saya ingin mencoba makan ketoprak yang biasa disajikan dengan lontong. Semua bahan ketoprak telah siap dan tersedia di rumah.

Tunggu, saya belum punya kacang tanah yang digiling dan dihaluskan agar memudahkan untuk menghaluskannya dengan cabai dan bawang putih.

Pada akhirnya, saya manfaatkan selai kacang atau butter jam yang tersedia di rumah. Ambil tiga sendok makan butter jam lalu campurkan dengan garam, gula merah, terasi (=shrimp paste), cabai dan bawang putih.

Kemudian siram dengan sedikit air asam sebelum semua bahan diaduk bersamaan. Hasilnya saya mendapatkan ketoprak yang sama nikmatnya seperti saat saya memesan ketoprak di jajanan kaki lima di Jakarta.

Pengalaman berharga dari membuat ketoprak adalah berani bereksperimen. Beberapa kali saya bereskperimen saat saya ingin masakan nusantara tetapi sulit mendapatkan ini dan itu karena saya berada jauh dari Indonesia.

Ekseperimen bisa menjadi pengalaman gagal atau pengalaman berhasil. Ternyata eksperimen dengan menggunakan butter jam untuk ketoprak hasilnya memuaskan.

Hidup ini adalah sekumpulan proses belajar. Saat hidup begitu sulit, saya mampu beradaptasi di tengah kesulitan itu. Pembelajaran hidup dari ketoprak membuat saya belajar untuk mengatasi permasalahannya, bukan lari dari permasalahan.

Selamat mencoba!

4 thoughts on “Tips Untuk Anda (31): Ketoprak Makanan Indonesia Tidak Pakai Kacang Giling, Ini Caranya

    1. Indeed. Ketoprak is a traditional dish from Indonesia and consisting of tofu, rice cake, rice vermicelli and so on that served in peanut spicy sauce. Hope it informs to you🙂
      We are women today in celebrating International Women’s Day🎉
      Thanks Phil! You too🙂

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.