Denmark (7): 10 Destinasi Wisata yang Dikunjungi Selama di Kopenhagen

Frederiksborg Castle, istana kerajaan terkenal di Kopenhagen.

Denmark punya pesona tersendiri bagi pelancong dunia. Ada berbagai alasan mereka menempatkan Denmark sebagai daftar kunjungan traveling mereka. Seperti kami yang juga berkesempatan mengunjungi Denmark beberapa waktu lalu.

Anda bisa menyimak ulasan artikel sebelumnya tentang cara menjangkau ibukota Denmark, Kopenhagen. Selain itu, ada beberapa tempat menarik yang sudah diulas tersendiri. Ada Nyhavn dan The Little Mermaid yang kerap menjadi icon turis yang datang.

Kedatangan saya ke Denmark seolah menggenapi rencana saya yang ingin berkunjung ke 9 negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Jerman. Salah satu tetangga Jerman di bagian utara adalah Denmark.

Rencana awal, saya ingin mengabadikan perbatasan Jerman – Denmark tetapi kendaraan membawa jalur berbeda. Silakan temukan cerita saya di sini. Pada akhirnya, Denmark memberi sisi berbeda dari perjalanan kunjungan ke berbagai negara yang saya lakukan.

Berikutnya adalah 10 tempat yang kami kunjungi selama di Kopenhagen. Ini bisa menjadi rekomendasi anda bila ingin berpetualang ke negeri HC Andersen ini. Anda bisa jadi menemukan tempat bak negeri dongeng yang selama ini hanya sekedar dibaca seperti kastil dan taman di sekitar kastil.

1. The Little Mermaid

Kunjungan pertama seperti yang diceritakan sebelumnya di sini, kami datang ke The Little Mermaid. Begitu tiba di hotel dan check in, kami pun langsung berkendara ke patung ini. Lebih jelas tentang patung ini, bisa anda cek dari cerita saya sebelumnya. Jika anda datang di musim liburan maka bersiaplah untuk mengantri mengambil fotonya. Pasalnya tempat ini gratis dan begitu populer untuk menandai diri anda sedang berada di Kopenhagen.

Baca: Patung The Little Mermaid di Kopenhagen

2. Frederiksborg Castle

Pintu masuk yang tidak terbuka untuk umum.

Destinasi kedua yang menarik adalah kastil di Kopenhagen. Kastil yang berada di pusat kota Kopenhagen ini seperti layaknya cerita di negeri dongeng. Begitu mirip dongeng, kastil bergaya arsitektur renaissance khas negeri nordik ini diapit dengan danau dan taman yang indah. Jika beruntung, anda bisa melihat bagaimana suasana pergantian prajurit penjaga kastil. Untuk menyelami bagian dalam, tentu ada tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung.

3. The King’s Garden

Di tempat ketiga, saya menempatkan taman indah bak negeri dongeng di dekat Frederiksborg Castle. Untuk masuk ke taman ini, tak ada tiket masuk. Taman ini berisi aneka macam botani dengan sentuhan arsitektur yang menarik siapa saja. Taman ini menjadi meeting point warga dan tempat relaksasi di kala senggang. Di musim panas, anda mungkin berjumpa dengan warga lokal yang berpiknik, membaca buku atau berolahraga di taman ini.

4. Amalienborg dan National Museum of Denmark

Amalienborg.
The national museum of Denmark dan Amalienborg berada dalam kompleks yang megah.

Amalienborg adalah bangunan bergaya rococo pada abad 18 untuk tempat tinggal bangsawan di Kopenhagen. Kini ini adalah museum dan ruang koleksi peninggalan bangsawan jaman dulu. Jika tertarik, anda bisa berkunjung ke dalam dan melihatnya dengan detil berbagai peninggalan mewah dan interior megah khas kerajaan. Kami sendiri lebih tertarik dengan pergantian penjaga istana yang memakan waktu sekitar 20-30 menit.

5. The Amalie Garden

Foto diambil dari Amalienborg.

Lokasi selanjutnya disebut Amaliehaven dalam bahasa setempat. Tempat ini dibuka untuk umum selama dua puluh empat jam dan gratis. Anda bisa menikmati air mancur, taman yang indah dan pemandangan menarik yang dibangun sejak tahun 1983. Di sini juga terdapat patung Raja Frederik V. Kopenhagen memang menawarkan ruang hijau yang bisa dinikmati warganya secara gratis. Ini bisa menjadi tempat rekreasi dan relaksasi warganya di tengah hiruk pikuk pusat kota.

6. Tivoli Park

Tampak depan Tivoli Park.

Tempat selanjutnya yang juga wajib dikunjungi adalah Tivoli Park yang menjadi taman hiburan tertua kedua di dunia. Tivoli Park dibuka secara resmi tahun 1873. Setahun kemudian 1874 terdapat teater tertua di situ yang disebut Pantomimetheater. Kebetulan letak Tivoli Park tak jauh dari hotel kami menginap, sehingga cukup berjalan kaki. Tivoli Park menawarkan entertainment yang menghibur. Tentu saja, pengunjung harus membayar tiket masuk.

7. Nyhavn

Baca: 5 Alasan Berkunjung ke Nyhavn

Tempat selanjutnya yang menarik adalah Nyhavn dan sudah saya ceritakan pada artikel yang ditautkan. Nyhavn itu kerap menghiasi foto-foto para turis yang datang ke Kopenhagen, Denmark. Dermaga tua ini tampak indah dan memang tempat ini terkenal sebagai spot berfoto turis yang instragamble. Tak hanya itu, Nyhavn dikenal sebagai tempat kuliner dan entertainment yang dikenal lama.

8. Frederik’s church

Frederik’s church berkubah hijau tampak belakang. Foto diambil dari Amalienborg.
Sekilas Frederik’s church dari jendela mobil.

Gereja yang menarik dengan kubah hijaunya yang mempesona tampak terlihat dari Amalienborg. Gereja ini disebut Frederik’s church. Saat kami datang sedang terjadi perhelatan perkawinan, sehingga kami urung menyambangi gereja ini. Gereja ini kadang dikenal the Marble Church dan desainnya terinspirasi dari Basilika Santo Petrus, Vatikan. Konon ini Gereja Katedral terbesar di antara negara-negara Scandinivia. Gereja dibangun pada pemerintahan King Frederik V pada abad 18.

Baca: Kunjungan ke Basilika St. Petrus Vatikan

9. Planetarium

Depan planetarium terdapat taman dan danau indah.

Planetarium pun kami pilih untuk dikunjungi karena lokasinya yang tak jauh dari hotel, tempat kami menginap. Letak Planetarium dekat dengan danau dan taman yang jadi area publik warga. Planetarium ini dibuka secara resmi pada tahun 1989. Wajar saja bangunannya tampak futuristik dan menarik.

10. Copenhagen Central Station

Depan stasiun utama Kopenhagen.

Terakhir adalah stasiun kereta utama Kopenhagen yang tentu menjadi jalur tersibuk yang menghubungkan dalam dan luar negara Denmark. Tentu anda akan mengenal stasiun ini, jika anda datang menggunakan kereta ke Kopenhagen. Dikatakan first railway station sudah ada tahun 1874 saat itu. Dalam rencana, stasiun ini akan mengalami perluasan untuk menampung mobilisasi warga dan turis.

Kesimpulan

Begitulah pengalaman kami berkunjung ke 10 tempat menarik di Kopenhagen. Bisa jadi masih banyak lagi tempat menarik yang bisa dikunjungi di Kopenhagen dan belum saya masukkan. Mungkin lain kali kami akan mampir lagi ke sini.

Selamat berhari Minggu bersama keluarga!

4 thoughts on “Denmark (7): 10 Destinasi Wisata yang Dikunjungi Selama di Kopenhagen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.