Makanan Khas Asia (76): Shrimp Teriyaki Udon Stir Fry, Mie Udon Saus Teriyaki

Mie Udon pakai udang saus teriyaki.

Mie udon adalah salah satu makanan favorit saya, selain mie ramen. Mie udon itu lebih mudah menyerap pada kaldu dan sausnya ketimbang mie ramen. Mie udon juga punya tekstur yang lembut. Mie ramen itu lebih tipis sedangkan mie udon lebih tebal. Mie ramen sedikit lebih keriting sedangkan mie udon itu lebih lurus dan panjang.

Mie udon yang panjang dan tanpa henti ini mengingatkan saya pada mie goreng yang biasanya disajikan saat ada yang berulangtahun. Itu artinya mie goreng punya filosofi hidup yang panjang umur.

Rupanya pandangan ini tak jauh berbeda dengan udon yang dinikmati orang Jepang. Udon menjadi kesukaan orang Jepang yang dipercayai sebagai makanan panjang umur. Udon bisa dinikmati selagi panas dalam semangkuk mie kuah atau dinikmati selagi dingin seperti salad. Semua kembali kepada selera masing-masing.

Cara paling sederhana untuk orang Jepang menikmati udon adalah menggunakan dashi, soja sauce dan mirin. Semangkuk udon itu sudah membuat gembira pecinta udon yang tergila-gila menikmatinya setiap saat.

Di situ saya menjadi paham bahwa udon itu ada berbagai macam nama dan penyajiannya. Hanya orang Jepang yang paham bagaimana mereka menyebut satu udon ke udon lainnya. Begitu kata kenalan asal Jepang saat saya tanya mengenai udon.

Pertanyaan saya kemudian adalah bagaimana memasak udon yang baru saja saya beli. Saya tertarik mempraktikkannya dengan udang. Semula saya ingin membuat udang tempura goreng. Apa daya saya salah menyiapkan udang hingga udang berbentuk seperti di atas.

Pada akhirnya cara termudah memasak udon dengan udang adalah menggunakan saus teriyaki. Setelah udon matang, tiriskan airnya. Lalu kita siapkan sayuran yang dikehendaki sebagai pelengkap. Taburi dengan udang yang dimasak dan biji wijen. Itu sudah lengkap rasanya!

Saus teriyaki terdiri atas saus teriyaki, mirin, minyak wijen dan gula palem. Beri juga tambahan air kaldu dan kecap ikan. Jika ingin pedas, silakan iris sedikit jahe ke dalam campuran sausnya. Begitu mudah ‘kan.

Selamat mencobanya di rumah!

4 thoughts on “Makanan Khas Asia (76): Shrimp Teriyaki Udon Stir Fry, Mie Udon Saus Teriyaki

    1. Hola, thanks for your visiting Bu🙂

      I recommended this recipe if you like to make it simple and easy as you want.

      Untuk resep ramen yg sederhana, ibu bisa lihat di link ini Ramen beef https://liwunfamily.com/2020/04/29/kreasi-sendiri-64-miso-ramen-with-beef-and-vegetables-yang-bisa-disesuaikan-rasa-pedasnya-bagi-pecinta-ramen/
      Ramen sea food https://liwunfamily.com/2020/05/08/kreasi-sendiri-70-ramen-sea-food-yang-bisa-dicoba-dimasak-di-rumah-tanpa-anggur-beras/
      Ramen vegetarian https://liwunfamily.com/2020/05/25/kreasi-sendiri-73-easy-vegetarian-stir-fried-ramen-ramen-sayuran-tanpa-kuah-dan-garam/

      Selamat mencoba bu! Happy weekend!

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.