Anda Stress? Cobalah Menari Karena Ada 5 Manfaat Berikut

Ilustrasi.

Beberapa waktu lalu saya menyaksikan program tayangan televisi berbahasa jerman tentang komunitas tari. Komunitas tari yang saya tonton berisi sekumpulan orang-orang yang suka menari bukan untuk tujuan profesional. Mereka suka menari secara berkelompok dengan panduan seorang instruktur dan dibantu musik pengiring. Namun pandemi saat ini mengubah segalanya, termasuk aktivitas mereka menari.

Penari di sini bukan merupakan profesi, melainkan hobi yang membuat mereka bebas bergerak mengikuti irama musik. Menari yang dimaksud bisa menjadi bagian dari olahraga. Menari juga bisa menjadi bagian aktivitas kelompok sosial yang pada dasarnya ini adalah bentuk stress release.

Kelompok penari ini didirikan secara sukarela dan menggembirakan bagi pecinta tari. Mereka menari di ruang terbuka bahkan disaksikan oleh orang yang lalu lalang melihat performance mereka. Mereka menari bukan untuk tujuan komersial apalagi mencari uang. Namun menari yang diperlihatkan oleh mereka pun juga bukan tentang bakat atau talenta.

Menari yang saya maksud adalah saat kita stress. Cobalah anda melakukan salah satu akvitas ini, yakni menari saat kita stress. Mengapa?

1. Menari untuk mengurangi ketegangan

Menari itu melibatkan fungsi kognitif, afektif dan konatif. Tiga hal ini penting dan seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Menari melibatkan ketiga hal tersebut seperti olahraga yang tentu saja menjadi aktivitas rekreasi untuk menurunkan ketegangan.

Saat tubuh bergerak, tentu kita melepaskan neurotransmitter dan endorfin yang berfungsi untuk mengurangi stress. Setelah menari, tubuh menjadi rileks dan baik untuk kualitas tidur malam hari. Biasanya kita tidak bisa tidur nyenyak karena kita mengalami stress.

2. Menari itu meningkatkan suasana hati (=mood) yang baik

Jika kita stress itu berarti kita sedang mengalami suasana hati yang tidak baik. Stress berarti kita mengalami tekanan fisik dan emosional bersamaan sehingga hormon kortisol atau hormon pemicu stress diproduksi lebih banyak. Meski hormon kortisol ini baik, tetapi jika berlebihan maka tidak baik bagi tubuh.

Menari adalah cara kita mengendalikan diri dari stress. Menari dengan alunan musik membuat tubuh menjadi tenang dan rileks. Dengan begitu kita bisa menurunkan kadar hormon kortisol sehingga mood kita menjadi bahagia. Menari juga melatih kita berkonsentrasi yang menurunkan kadar hormon kortisol hingga 20 persen.

3. Menari juga olahraga

Semua pun paham bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan tubuh. Menari adalah salah satu bentuk olah tubuh dan raga yang fleksibel. Tidak ada batasan umur saat kita ingin menari. Menari itu berarti menggerakan otot, mengikuti irama musik dan instruktur serta melatih tulang menjadi lebih kuat.

Stress adalah sillent killer yang perlu diwaspadai. Jika kita tidak bisa berolahraga ini dan itu karena kita tidak punya perlengkapan olahraga, tak ada sarana olahraga misalnya maka cobalah menari. Menari itu secara keseluruhan mengatur koordinasi otot dan otak juga secara bersamaan.

4. Menari itu bentuk ekspresi diri yang membebaskan

Awalnya mungkin kita merasa malu menggerakkan tubuh menari, namun saat tubuh kita bergerak maka kita merasa bebas. Saat kita menggerakkan anggota tubuh, kita melepaskan zat kimia syaraf yang berbeda yang membuat kita lebih aktif.

Saat kita menari, kita mengekspresikan diri menjadi apa yang kita inginkan. Kebebasan yang biasanya tidak kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda pasti tak pernah menemukan orang menari dalam wajah yang muram atau penuh keterpaksaan. Menari itu menyenangkan karena kita bebas menjadi diri sendiri.

5. Menari itu bentuk kontak sosial yang berbeda

Menari adalah cara kita bergaul secara sosial dengan orang lain. Meski kita itu penari solo sekalipun tetapi menari mengajak orang lain sebagai penonton untuk terlibat secara emosional. Jika kita menari secara berkelompok, ini mendorong ikatan sosial sehingga sangat baik untuk produksi endorfin di otak.

Kesimpulan

Menari itu pasti dengan suasana hati bahagia. Menari itu pasti menggerakkan seluruh anggota tubuh. Dan menari itu gratis. Anda bisa lakukan itu di rumah atau ruang pribadi anda. Bebaskan diri anda dengan gerakan tubuh yang anda sukai.

3 thoughts on “Anda Stress? Cobalah Menari Karena Ada 5 Manfaat Berikut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.