Makanan Khas Italia (34): Spaghetti Bolognese dan Rahasianya yang Membuat Lezat

Spaghetti Bolognese buatan sendiri.

Italia tak hanya pizza saja, ada pasta dan spaghetti yang juga sudah mendunia. Salah satunya adalah spaghetti bolognese yang mungkin juga sudah pernah anda coba atau anda sering mendengarnya. Namun bagaimana spaghetti ini begitu digemari?

Spaghetti dengan saus tomat adalah sajian otentik di Italia. Namun saus tomat diberi daging sapi giling kemudian ada bumbu rempah khusus seperti rasa dalam lasagna, maka spaghetti bolognese namanya.

Orang Italia yang pernah mencoba spaghetti bolognese di luar Italia berpendapat bahwa itu tidak otentik. Spaghettti bolognese memiliki rasa yang khas dengan saus ragu yang seperti saya rasakan pada lasagna. Namun sebenarnya ada perbedaan antara saus ragu dengan saus lasagna.

Saus ragu dan saus bolognese sama-sama berasal saus tomat yang kental berisi potongan wortel, daging sapi giling, sedikit kaldu sapi dan rempah-rempah khas Italia.

Perbedaannya pada saus ragu menggunakan red wine untuk masakannya, sedangkan saus bolognese menggunakan white wine pada masakannya.

Saus bolognese itu memang tiada duanya yang membuat spaghetti terasa lezat. Bagi orang Italia, spaghetti pun harus dimasak al dante yang berarti spaghetti itu tidak lembek melainkan masih ada teksturnya untuk dirasakan di dalam mulut.

Rahasia lainnya untuk spaghetti bolognese adalah penyajiannya. Menurut kenalan asal Italia yang memang ahli memasak, berpendapat bahwa sajikan spaghetti tidak bercampur bersama saus bolognese. Biarkan si pemesan yang mencampurkannya. Setelah spaghetti di letakkan di atas piring saji, siramkan saus bolognese sebagai topping.

Hasil akhir jika anda suka, taburi keju di atas spaghetti bolognese. Dalam sajian saya di atas, saya taburi lagi dengan keju mozzarella. Keju lain adalah parmesan. Dengan begitu, anda sudah memiliki spaghetti bolognese seperti sedang berada di Italia.

Berikutnya, saya sudah bagikan spaghetti yang dimasak berbeda. Daging gilingnya membungkus spaghetti dan sedikit berkuah. Silakan, cek resep saya tersebut di link ini.

5 thoughts on “Makanan Khas Italia (34): Spaghetti Bolognese dan Rahasianya yang Membuat Lezat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.