Ide Sarapan (33): Hanya Punya Pisang dan Havermut, Ini Menu Bernutrisi 2 Menit

Bubur pakai pisang goreng.

Sarapan pagi itu begitu penting untuk mengawali hari. Tak terbayang jika kita tidak sempat sarapan pagi maka semangat beraktivitas pun menurun, tak bisa berkonsentrasi, gangguan emosional dan lain sebagainya. Meski kita tahu sarapan itu penting, kita merasa sarapan pagi itu membuang waktu untuk bersiap diri untuk memulai aktivitas. Pendapat tersebut salah.

Pasalnya sarapan pagi itu bisa dilakukan dengan menyiapkannya pada malam hari sebelumnya atau kita bisa mencari menu sarapan praktis sambil kita bersiap diri di pagi hari. Bagaimana jika sarapan pagi bernutrisi itu cuma perlu persiapan 2 menit? Bagaimana jika punya stok hanya havermut dan pisang saja?

Berikut 2 menu bernutrisi hasil pengalaman sendiri yang bisa dilakukan sekitar 2 menit untuk membuatnya. Pertama adalah bubur havermut pakai pisang goreng. Kedua adalah semacam pancake merah. Anda bisa menggunakan pewarna merah menjadi bubuk kayu manis sebagai pengganti. Hasilnya tidak mengecewakan.

1. Bubur Pakai Pisang Goreng

Menu pertama seperti judul di atas. Ini terdengar aneh tetapi hasil rasanya memuaskan enak. Bahan yang diperlukan untuk 2 orang yakni 100 gr havermut, 300 ml air, 200 ml susu cair, 8 gula vanili, sedikit garam, butter, madu dan pisang.

Langkah 1.
  • Siapkan panci dan masukkan havermut.
  • Tanbahkan air dan sedikit garam.
  • Aduk hingga air sedikit mengering.
  • Masukkan susu cair dan tambahkan juga gula vanili.
  • Sambil menunggu bubur, panaskan wajan dengan kompor lainnya. Masukkan sedikit butter sesuai banyaknya pisang yang sudah diiris.
Langkah 2.
  • Di kompor lainnya adalah wajan yang diberi butter dan masukkan irisan pisang.
  • Panggang pisang hingga matang. Tambahkan madu agar hasilnya cokelat.
  • Aduk-aduk bubur di kompor lainnya hingga liat dan bubur matang.
  • Sajikan bubur dan pisang goreng.

2. Pancake Merah

Pancake merah dua bahan.

Menu kedua adalah pancake merah yang saya buat dari pisang dan havermut sebagaimana tampak foto di atas. Untuk warna merah saya gunakan pewarna kue. Ini hanya sebagai dekorasi saja. Anda bisa sesuaikan selera atau bubuk kayu manis. Saat menggoreng, saya beri olesan minyak sayur agar tidak kering sekali pancakenya nanti.

Langkah 1.

Langkah kedua adalah (1). Haluskan dua buah pisang dengan garpu. (2). Campurkan dengan havermut. (3). Beri setengah sendok teh perwarna merah atau bubuk kayu manis. (4). Aduk hingga tercampur merata dan halus. (5). Panaskan wajan dan olesi dengan sedikit minyak goreng. (6). Goreng hingga kedua sisi kecokelatan dan matang. Kemudian tiriskan minyaknya.

Langkah 2.

Sajikan sebagai sarapan pagi dengan minuman favorit anda.

Selamat mencoba di rumah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.