Swedia (9): Öresundspromenaden yang Menawarkan Arsitektur Kota Ekologi Tepi Pantai

Tepi pantai yang didesain ramah lingkungan dengan latar belakang jembatan Oresund.
Pemukiman warga desain moderen dan tersedianya lahan hijau yang fungsional.
Sisi promenade yang aktraktif bisa untuk ruang publik warga.

Cerita pelesiran saya melompat kembali ke Swedia lagi, tepatnya di pesisir selatan. Kota Malmö punya pesona tersendiri, termasuk kami yang beberapa waktu lalu menyambanginya.

Pada akhirnya kami suka kota ini karena kami punya lokasi favorit yang sering disambangi selama di sana. Ya, Sundspromenaden yang akan saya ceritakan pada anda saat ini.

Kami menjangkau Öresundspromenaden dengan berjalan kaki dari hotel, tempat menginap. Sundspromenaden ini menawarkan sisi moderen kota Malmö yang tampak dari berbagai desain bangunan sekitar seperti Turning Torso yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian lokasi ini memperlihatkan desain keunikan apartemen, gedung perkantoran hingga area publik yang dibangun sangat atraktif.

Merujuk lokasinya memang ini adalah Sundspromenaden, tepi pantai Oresund yang indah. Namun di sini saya menjumpai kekhasan Swedia, desain dan interior yang menarik untuk saya.

Lokasinya menarik untuk berjemur di siang hari, duduk di kafe sambil membaca buku kemudian sore hari kami bisa jogging atau berjalan kaki di tepi pantai. Jujur saya suka lokasi ini.

Lokasi ini disebut sebagai bagian dari Pameran Perumahan Eropa tahun 2001. Tempat ini menjadi cikal bakal kota baru yang mengusung konsep ekologi berkelanjutan.

Contohnya atap hijau apartemen tidak hanya untuk kepentingan artistik semata, melainkan air hujan bisa dikumpulkan dan disaring kembali. Keren kan idenya!

Saya juga suka dengan “rumah di atas air” yang homy dan terkesan natural. Bagaimana rumah ini dirancang sangat menarik bagi pemiliknya. Luar biasa!

Belum lagi di tempat ini tersedia luas lahan hijau yang lapang di antara kawasan pemukiman penduduk dan laut. Lokasi ini dirancang oleh beberapa arsitek yang mumpuni sebagai contoh tata kota moderen dan berkelanjutan.

Tepi pantai dibuat “tanggul” sebagai pelindung sekaligus lokasi ruang publik yang terbuka. Sekali lagi ini gratis dikunjungi.

Saya suka sekali desain ini, keren sekali!
Tempat favorit.
Distrik kota baru yang moderen.

Mata saya beranjak ke lokasi pemukiman yang juga sangat menarik dari segi eksterior dan interiornya. Sebagian ada yang membiarkan kaca rumahnya terbuka dan bisa terlihat bagaimana interiornya benar-benar sangat homy. Desain eksteriornya pun apik dan instragamable. Saya rasa tiap kompleks apartemen memiliki ide dan perancang yang berbeda-beda.

Taman baru di tengah pemukiman ini tidak alamiah atau buatan tetapi punya tujuan khusus rupanya. Sundspromenaden yang berada langsung di tepi laut telah memberi ide penanaman halaman karena adanya angin kencang dan udaranya yang asin sehingga menjadi tuntutan khusus. Konsep ekologi memang harus sudah dikembangkan untuk keberlangsungan bumi yang kita huni.

Di sini saya mengerti ada harmonisasi antara lansekap alam dengan arsitektur untuk keberlanjutan. Ide ini bukan pertama kali dicetuskan. Sudah ada beberapa kota dunia yang juga mulai mengusung tujuan ini.

Sambil saya mengamati hal-hal menarik di tempat ini, saya menjumpai lalu lalang orang yang sibuk berolahraga di sekitar promenade ini. Sebagian lagi duduk sambil ngobrol di area publik menghadap ke pantai.

Oh ya area ini semakin penuh bila musim panas. Ada pula yang mencoba berenang juga di pantai, tetapi perlu diperhatikan ketentuan dan larangan dalam bahasa Swedia yang tertera.

Selamat berhari Minggu!

5 thoughts on “Swedia (9): Öresundspromenaden yang Menawarkan Arsitektur Kota Ekologi Tepi Pantai

    1. Aha! Thanks for your personal statement, Micheline. I am fans to learn everything about design in Sweden. I thought the ideas are not only the attractive and creative things, but the futuristic for next generation.

      This post is about my trips at Sweden. Again thanks for coming🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.