Inilah Manfaat Kunyit Jika Dilihat dari Segi Medis

Ilustrasi.

Ada beragam jenis rimpang yang pada dasarnya memang bisa kita jumpai secara mudah di sekitar, mulai dari jahe, kencur, temulawak bahkan juga kunyit. Kunyit ini sendiri termasuk jenis rimpang yang mudah dikenali karena memiliki warna orange dan umumnya sering digunakan sebagai tambahan bumbu masakan. Tak hanya itu manfaat kunyit  ini ternyata juga sangat bagus bagi kesehatan. Karena faktanya ia kerap kali digunakan sebagai campuran untuk obat-obatan herbal.

Banyak senyawa bermanfaat yang pada dasarnya memang terkandung didalam kunyit. Termasuk diantaranya adalah kurkumin, pastinya banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan hal ini bukan. Karena memang senyawa yang satu ini dikenal memiliki seribu manfaat yang tidak boleh disepelekan. Zat yang memiliki warna kuning tersebut diklaim mampu untuk membantu dalam proses penyembuhan tubuh. Itulah mengapa selain dijadikan sebagai pewarna, maka banyak yang memakainya sebagai alternatif jamu atau obat-obatan herbal.

Berikut ini diantaranya serangkaian manfaat kunyit jika dilihat dari segi medis, yaitu:

1. Membantu untuk mengobati osteoarthritis, kunyit ini diklaim mampu untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada pasien osteoarthritis. Ini merupakan penyakit yang terjadi pada sendi, dimana membuat persendian menjadi kaku dan juga nyeri ketika digunakan untuk bergerak. Sebuah penelitian memang menemukan fakta bahwa ada senyawa yang terdapat di dalam kunyit ini yang mampu untuk mengurangi rasa sakit, efeknya mirip seperti ibuprofen. Tentunya bisa Anda konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin untuk merasakan manfaatnya tersebut.

2. Mengatasi kulit gatal, bagi penderita penyakit ginjal kronis, umumnya akan memberikan efek berupa kulit menjadi gatal. Ternyata dengan mengonsumsi kombinasi dari produk yang mengandung kurkumin didalamnya, juga sangat ampuh di dalam mengatasi rasa gatal tersebut.

3. Mengobati ruam kulit, ruam kulit ini bisa terjadi disebabkan oleh iritasi, yaitu dipicu oleh liken planus, namun tak perlu khawatir karena ia dapat diatasi dengan menggunakan ramuan-ramuan herbal, termasuk diantaranya adalah kunyit ini.

4. Mengatasi masalah menstruasi, banyak diantara wanita yang merasakan kondisi nyeri tak tertahankan ketika sedang mengalami menstruasi, hal ini dapat diredakan dengan mengonsumsi jamu yang mengandung kunyit. Bukan sebuah rahasia lagi, karena memang bahan yang satu ini efektif untuk mengurangi rasa sakit tersebut, jadi tak perlu lagi konsumsi obat-obatan kimiawi ketika datang bulan.

5. Mengobati tukak lambung, banyak penelitian yang ternyata sudah membuktikan, bahwa ternyata kunyit ini juga mampu untuk mengatasi penyakit tukak lambung. Ia akan membantu untuk redakan gejalanya, membuat perut menjadi lebih nyaman.

6. Mengobati penyakit maag, masalah yang terjadi pada sistem pencernaan ini juga dapat diatasi dengan mengonsumsi ramuan herbal dari bahan kunyit. Faktanya memang dengan konsumsi kunyit ini sangatlah membantu dalam mengurangi gejala seperti perut kembung yang terjadi pada pasien penderita maag.

7. Mengurangi atau menekan pertumbuhan sel kanker, kurkumin yang terkandung di dalam kunyit ini nyatanya juga sangat berkhasiat untuk membantu dalam mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker didalam tubuh. Menekan pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor. Juga memiliki kontribusi terhadap kematian dari sel kanker tersebut.

Itulah diantaranya serangkaian manfaat kunyit bagi kesehatan yang memang tidak bisa disepelekan. Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan obat herbal untuk digunakan. Apalagi sekarang ini sudah tersedia ekstrak dari kunyit yang praktis bisa langsung pakai, seperti diantaranya adalah dari Herbana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.