5 Kreasi Ikan dari Berbagai Lokasi yang Menginspirasi Anda

Ikan Saus Asam Manis pakai sayuran.

Makan ikan di Bavaria, Jerman lebih sering saya alami setiap hari Jumat. Kantin tempat saya bekerja juga kerap menyiapkan menu ikan tiap hari Jumat. Begitu pun imbiss ikan, kedai makanan murah di Jerman ini biasa menjual ikan hanya pada hari Jumat juga.

Menikmati makan ikan, mungkin hanya sekedar digoreng saja. Padahal tidak. Saya pernah mencoba praktik pepes ikan yang sangat lezat di sini dan disukai teman warga negara asing. Cerita pepes ikan saya dapat dicek di link ini.

Bagaimana pun makan ikan itu baik untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin seperti D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor serta sumber mineral yang bagus, seperti zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium. Begitu banyak kandungan ikan sehingga ini baik untuk mengurangi risiko penyakit Diabetes dan Rematik. Bahkan dijelaskan kandungan gizi ikan lebih tinggi dari ayam, terutama kandungan omega 3 di dalam keduanya.

1. Ikan Asam Manis

Menu ikan pertama datang dari kreasi saya memasak ikan saus asam manis yang disertai sayuran. Ikan yang dipilih di Indonesia bisa disebut ikan nila, ikan gurame dan ikan fillet yang digoreng pakai tepung. Pertama tentu ikan sudah digoreng terlebih dulu kemudian dipisahkan. Ikan digoreng tanpa banyak bumbu. Cukup garam dan perasan jeruk lemon.

Untuk saus asam manis, saya gunakan bawang putih, bawang bombay, saus tomat, air, garam, gula, sedikit tepung agar kental dan sedikit bubuk cabai. Setelah saus mengental dan matang, saya tambahkan lagi irisan daun seledri untuk mempercantik saja. Kemudian saya tumis sayuran yang dikehendaki. Biarkan sayuran tidak layu, tetapi sedikit crunchy saat dimakan.

Selesai memasak saus dan sayuran, letakkan di atas ikan goreng. Kemudian sajikan dengan nasi hangat. Mantap!

2. Sandwich ikan

Sandwich ikan hering isi acar timun dan acar bawang.

Menu kedua adalah sandwich ikan yang saya nikmati saat berada di Desa Wisata Lübbenau/Spreewald, yang letaknya tak jauh dari Berlin. Cerita kunjungan saya tersebut, dapat dicek di link ini. Di lokasi tersebut terdapat pilihan makan ikan di imbiss yang tersedia di situ.

Bagi orang Jerman, ada perbedaan antara ikan matjes dan ikan hering. Ikan matjes itu sebutannya “jungfraülicher Hering” yang berarti ikan tersebut belum memiliki kemampuan reproduksi, sehingga belum menghasilkan telur. Lalu ada lagi perbedaan antara ikan matjes dengan “Bismarckhering” karena saya pun baru tahu saat saya memesan pesanan ikan. Namun lagi-lagi, saya lebih memilih menyebutnya ikan hering saja kemudian menikmatinya, daripada dipusingkan dengan istilah penamaan ikan.

3. Sandwich ikan Salmon

Sandwich ikan salmon kiri yang dijajakan di supermarket di Swedia.

Di Swedia kami juga mencoba makan ikan yang ditawarkan di supermarket. Kebetulan kami datang ke supermarket untuk membeli sesuatu dan tidak sengaja melihat tampilan sandwich ikan salmon yang menggoda seperti yang anda lihat.

Ini bisa jadi pilihan untuk anda apabila tidak ingin makan besar di restoran dam khawatir dengan kocek anda, mungkin anda bisa mencoba cara ini. Hasilnya, sandwich ikan ini sangat lezat dan tak mengecewakan.

4. Ikan fillet dan Pasta Aglio

Pasta aglio dengan ikan fillet.

Ide keempat adalah menu ikan yang biasanya kerap disajikan bersama pasta di Jerman. Menu ini terlihat seperti menu yang disajikan di restoran khas Italia. Nyatanya menu ikan ini saya dapatkan di kantin kampus saya. Saya tidak menyangka makan ikan bisa dilakukan dengan spaghetti.

5. Ikan bumbu Kari ala Masakan India

Ikan bumbu kari pedas.

India tidak hanya terkenal dengan bumbu kari saja, ada aneka bumbu masakan yang kaya akan rempah pada masakan mereka. Bumbu pedas yang dimaksud adalah semacam cabai khas India yang katanya dibuat secara tradisional.

Bumbu pedas terdiri atas cabai khas India, bawang putih, biji jinten dan bumbu khas lain. Semua bumbu dihaluskan seperti saus cair. Saat disajikan diberi irisan daun seledri. Ikan yang digunakan pada menu ini adalah ikan salmon fillet. Diberi tepung dan digoreng. Saat disajikan dengan bumbu pedas, ada irisan bawang bombay dan tomat hijau.

Kesimpulan

Saya pikir kita bisa mengelola asupan nutrisi tiap hari. Jika kita bisa mengaturnya maka makan ikan bisa menjadi kreasi ide yang rutin untuk kebutuhan gizi kita. Ikan tidak hanya merupakan sumber protein dan lemak sehat. Bahkan ikan bisa menjadi solusi untuk masalah kesehatan seseorang.

Ayo, makan ikan!

3 thoughts on “5 Kreasi Ikan dari Berbagai Lokasi yang Menginspirasi Anda

    1. That’s why I mean, Phil😅😅😅😅(I am only joking) one of above dishes is made by own recipe, the rest dishes unfortunately aren’t. Thanks for visiting Phil🙂

      Cheers

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.