Makanan Khas India (20): Pan Masala Mix, Semacam Manisan di Mulut yang Menyegarkan

Pan Masala Mix yang saya dapatkan.

Ada yang berbeda dengan restoran khas India yang menjadi langganan kami saat menyambanginya beberapa waktu lalu. Setelah larangan makan di tempat usai, suami ajak makanan khas India di restoran langganan dengan cabang baru. Penasaran dengan menu masakan dan konsep interior restoran baru langganan kami, kami pun meluncur segera.

Menu masakan dan konsep interior nuasana negeri Bollywood sudah tercermin dari sejak kami masuk hingga ke dalam ruang restoran. Kami duduk dan memesan makanan yang sama seperti yang sudah saya jelaskan di blog ini.

Namun ada yang berbeda. Usai kami membayar menu makanan dan mendapatkan semangkuk kecil es krim rasa mangga, kami mendapatkan manisan India.

Seperti yang anda lihat, pramusaji meletakkannya di wadah metal. Lalu bagaimana kami menikmatinya?

Ada sendok kecil untuk mengambil manisan tersebut dan meletakkannya di telapak tangan. Dengan mudah kita masukkan manisan itu langsung ke mulut. Hmm, cara menarik.

Rasa manisan ini sedikit ajaib buat saya untuk pertama kalinya, tetapi kami berdua suka. Ada rasa manis, pedas dan menyegarkan di dalam mulut. Ini bukan manisan seperti permen pada umumnya. Ini adalah rempah-rempah khas negeri Bollywood itu.

Manisan yang saya maksud adalah Pan Masala yang terdiri atas campuran kacang-kacangan dan biji-bijian rempah yang disajikan setelah menikmati masakan, terutama masakan pedas dan kaya bumbu di India.

Bukan apa-apa, kadang saya yang baru menikmati masakan khas India ini merasakan aroma bumbu dan rempah yang kuat, terutama pada bagian mulut. Kami berdua suka makanan pedas juga saat memesan makanan India ini. Penasaran, kami pun bertanya pada pramusaji isian manisan ini.

Pramusaji menjelaskan isiannya adas, kapulaga, kayu manis dan ada rasa mentol seperti tembakau. Saya bisa merasakan rasa segar di ujung mulut. Ini bisa jadi fungsinya agar mulut terasa segar setelah mengunyah makanan kaya bumbu dan rempah.

Pendapat lain tentang manisan ini adalah manisan ini membantu untuk meredakan masalah pencernaan setelah menikmati masakan pedas seperti kari. Hmm, ide baik juga karena saya memang selalu memesan malanan pedas berkari di restoran langganan ini.

Dibalik rasa manis yang tidak berlebihan dan menyehatkan itu, Pan Masala memang tepat disajikan setelah menikmati masakan kaya rempah dan bumbu. Namun Pan Masala masih dilarang untuk wilayah yang menganggap Pan Masala tak baik dikonsumsi untuk anak-anak. Mereka tak ingin anak-anak menjadi kecanduan setelah menyantapnya. Hmm, mungkin ini terkait dengan rasa tembakau dalam isiannya.

Orang India sendiri yang suka mengkonsumsi Pan Masala sejujurnya bisa mengolah isiannya sendiri di rumah. Teman asal India yang saya tanyai di Jerman menjawab begitu. Kita bisa meracik Pan Masala di rumah dan memasukkan biji-bijian rempah sesuai selera dan kebutuhan, agar anak-anak bisa aman juga mengkonsumisnya.

Bagi saya yang baru pertama mencobanya, Pan Masala bisa dibeli di Toko Asia di sini. Saya bisa mencoba untuk mempraktikkanya di rumah setelah menyantap masakan pedas seperti rendang misalnya.

Apa anda sendiri ingin mencobanya?

One thought on “Makanan Khas India (20): Pan Masala Mix, Semacam Manisan di Mulut yang Menyegarkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.