Rothenburg Ob der Tauber (1): Wisata Romantisme Kota Abad Pertengahan di Jerman

Di sini menjadi lokasi turis mengambil gambar kota ini.
Depan balai kota yang selalu ramai.
Gerbang kota.

Apa yang Anda bayangkan jika Anda sedang berada di jaman abad pertengahan?

Abad Pertengahan disebut sebagai Middle Ages dalam bahasa Inggris atau Mittelalter dalam bahasa jerman. Nuansa dan pengalaman ribuan abad lalu bisa disaksikan di kota Rothenburg Ob der Tauber.

Kota Rothenburg tidak hanya satu di Jerman. Agar tidak salah, Anda harus mengecek lagi penyebutannya menjadi Rothenburg Ob der Tauber, yang berarti kota Rothenburg yang berlokasi dekat dengan sungai Tauber.

Pengunjung yang datang ke sini tiap tahunnya lebih dari 1,5 juta orang. Mereka tertarik datang karena kota ini masih memelihara arsitektur bangunan khas Abad Pertengahan.

Seperti yang Anda lihat bangunannya masih tertata apik hingga sekarang. Konon kota ini sering menjadi inspirasi film-film dongeng seperti film Pinochio yang pernah populer tahun 1940-an.

Dilihat dari tata kota, Rothenburg Ob der Tauber pernah menjadi kota terbesar di Jerman pada Abad Pertengahan sebelum kita mengenal kota-kota besar seperti Berlin atau Munich misalnya. Sayangnya perang dan bencana alam membuat kota ini tak lagi sempurna seperti masa kejayaannya.

Der Meistertrunk yang diberi lingkaran.
Gereja St. Jakob.

Tak hanya arsitektur saja, kota ini menawarkan museum Kriminal atau Krimimuseum dalam bahasa Jerman yang juga bernuasa Abad Pertengahan seperti instrumen hukuman dan penyiksaan yang dipakai pada masa itu.

Peninggalan ratusan tahun yang bernilai seni lainnya bisa Anda lihat di Gereja St. Jakob. Di sini ada ukiran kayu terbesar di Jerman, tepat di belakang organ.

Lalu altar gereja telah berusia lebih dari 500 tahun karya pemahat kayu terkenal Jerman, Tilman Riesmenschneider.

Jika Anda datang di musim dingin, kota ini akan ramai dengan berbagai pengunjung yang berbelanja untuk keperluan Natal.

Tidak hanya Pasar Natal saja yang menjual berbagai aksesoris dan dekorasi Natal yang sangat indah, di sini ada juga Museum Natal. Di museum ini, Anda bisa melihat bagaimana kartu Natal kuno atau Kalender Advent jaman dulu khas orang Jerman.

Sedangkan di musim panas seperti sekarang, Anda bisa duduk di kedai kopi seperti para turis umumnya di depan Rathaus atau Balai Kota. Sambil duduk minum kopi, kita bisa melihat pada jam-jam tertentu ada „Der Meistertrunk“ yang sudah berusia satu abad lebih.

Ini adalah jam astronomi dengan menampilkan dua pria yang sedang minum dan mengapit jam raksasa. Saat jam berdentang, dua patung pria ini akan bergerak dan minum dari gelas dan botol masing-masing.

Seru ‘kan? Nah, kota Rothenburg Ob der Tauber bisa dijangkau kereta dari Stasiun Utama atau Hauptbahnhof Kota Munich sekitar 3 jam.

Setelah tiba di stasiun kota Rothenburg Ob der Tauber, kita bisa berjalan kaki lima menit untuk menjangkau kota tua dengan destinasi wisata yang dijelaskan tadi di atas. 

4 thoughts on “Rothenburg Ob der Tauber (1): Wisata Romantisme Kota Abad Pertengahan di Jerman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.