Makanan Khas Italia (35): Risotto with Thyme and Small Grilled Lamb Cuttlet

Makanan berikut bisa jadi Anda sudah pernah mencobanya karena makanan ini pun saya nikmati saat saya masih di Indonesia dulu. Ya, ini adalah Risotto. Kuliner asal Italia ini berbeda dari Risotto yang pernah saya nikmati dulu di Indonesia.

Risotto ini langsung saya nikmati di negeri asalnya, saat kami menyambangi Italia bagian utara beberapa waktu lalu. Rasa otentik Risotto semakin diperkuat ketika si juru masak menambahkan thymian dan daging domba panggang. Alhasil, Risotto ini nikmat sekali dan terasa berbeda. Bagaimana pun Risotto ini konon berasal dari Italia bagian Utara, tepatnya Lombardy.

Sebelumnya soal Risotto, saya pernah menikmatinya juga di salah satu restoran di Jerman. Rasa Risotto yang nikmat itu membuat saya ingin mencoba langsung Saat saya menyambangi Italia. Cerita saya tentang Risotto lainnya bisa dicek di link yang ditautkan.

Risotto sendiri adalah nasi yang creamy dengan kuah kaldu sesuai selera seperti ikan, daging atau sayuran. Contohnya Risotto yang juga menarik dicoba adalah Risotto rasa jamur mushroom. Ada yang bilang Risotto adalah hidangan pembuka sebelum hidangan utama, tetapi kebanyakan mereka menempatkan Risotto sebagai hidangan utama.

Rasa creamy disebabkan keju parmesan dan white wine yang menjadi rahasia kelezatannya. Konon ada juga yang memanfaatkan safron untuk membuat warna nasi tampak kuning seperti paella. Resep Risotto sudah dipublikasikan sejak abad 14.

Risotto dengan topping daging domba panggang plus rasa thymian membuat citarasa berbeda. Itu sebab saya bagikan kepada Anda yang mungkin menginspirasi untuk dicoba di rumah.

Untuk Risotto yang saya pesan ada di restoran tertua di Provinsi Bolzano – Süd Tirol. Ini adalah bagian dari Italia yang mayoritas penduduknya berbicara bahasa Jerman, ketimbang bahasa Italia. Tentu ada sejarah yang melatarbelakanginya. Cerita tentang perjalanan saya ini akan dijelaskan di artikel berbeda.

Apakah Anda tertarik mencoba Risotto?

2 thoughts on “Makanan Khas Italia (35): Risotto with Thyme and Small Grilled Lamb Cuttlet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.