Rothenburg Ob der Tauber (2): Krimimuseum, Museum Bertema Kriminalitas Abad Pertengahan

Pintu Masuk Museum dan Dinding Kiri adalah Gereja St. John.

Krimi adalah istilah dalam bahasa Jerman untuk menyebut kriminal. Istilah ini sering saya dengar dari program televisi di sini yang menayangkan film bertema non drama. Film krimi biasanya menjanjikan film penuh analisa, teka-teki dan memang alur ceritanya tak mudah ditebak. Film ini biasanya menempati prime time malam hari.

Kembali soal krimi yang tidak aneh lagi dengan istilah tersebut, saya takjub juga ada Museum Krimi yang saya dapati di kota Rothenburg Ob der Tauber. Kota bernuansa Abad Pertengahan ini pun menyajikan Museum Krimi dengan nuansa Abad Pertengahan juga sehingga saya bisa mengetahui bagaimana hukuman terhadap pelaku kejahatan pada masa itu.

Baca: Kota Rothenburg Ob der Tauber, kota lama nuansa Abad Pertengahan

Untuk mengetahui lebih jauh museum ini, pengunjung harus merogoh kocek untuk bayar tiket masuk. Tak menyangka bahwa pengunjung akan mendapatkan berbagai informasi dan peninggalan tentang kriminalitas kejahatan di Abad Pertengahan. Bangunan museum ini diperkirakan sudah ada sejak abad 14 yang dibangun paralel dengan Gereja St. John yang letaknya berdekatan.

Rute museum ini dibuat teratur buat pengunjung. Pengunjung bisa melihat berbagai peralatan hukuman yang digunakan pelaku kejahatan di masa itu. Semua benda-benda yang disimpan di sini lengkap diberitahukan informasi nama dan fungsinya dalam bahasa Jerman juga bahasa Inggris.

Contoh hukuman seperti “Stachelstuhl” yakni kursi yang semuanya tak nyaman di seluruh permukaan kursi runcing dan tajam. Pastinya siapa saja yang duduk akan merasa sakit tak tertahankan.

Informasi lain misalnya infografis yang mengilustrasikan bagaimana pelaku kejahatan dihukum pada Abad Pertengahan, dengan menggunakan peralatan tersebut. Itu sebab saya tidak mengabadikan foto-foto yang saya pikir belum tentu anda suka melihatnya.

Contoh Hukuman Abad Pertengahan.

Hal menarik yang saya temukan, ternyata ada hukuman sosial buat pemabuk. Dinyatakan bahwa pemabuk yang mendapatkan hukuman adalah mereka yang membuat keonaran dan mengganggu kenyamanan masyarakat.

Informasi yang menarik saya tentang hukuman bagi para gadis di masa itu. Dikatakan bahwa para gadis jaman dulu senang memiliki rambut yang panjang. Rambut panjang bukan hanya gaya hidup tetap juga kehormatan. Jika ada gadis kedapatan melakukan kriminalitas maka rambutnya dipotong dan dicukur agar dia merasa malu secara sosial.

Begitulah perjalanan saya ke Museum Krimi yang ada di kota Rothenburg Ob de Tauber. Anda layak datang ke kota tua bersejarah ini, termasuk ke museum yang saya pikir unik dan menarik ini.

2 thoughts on “Rothenburg Ob der Tauber (2): Krimimuseum, Museum Bertema Kriminalitas Abad Pertengahan

  1. Musée du crime ! ça alors quelle idée ! Et la ville médiévale a l’air très jolie, merci pour ces articles, et je n’avais pas encore eu l’occasion de vous le dire, mais je suis contente de vous lire de nouveau, :-), très bonne journée / Museum kejahatan! apa ide! Dan kota abad pertengahan terlihat sangat cantik, terima kasih untuk artikel ini, dan saya belum sempat memberi tahu Anda, tapi saya senang membaca Anda lagi, :-), semoga harimu menyenangkan

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.