Bunga Dahlia: Si Cantik dalam Tiga Warna

Bunga dahlia yang indah mempesona tentu siapa saja sepakat dengan itu. Saya menemukan bunga dahlia di salah satu taman kota, dekat rumah tinggal.

Saya tak menyangka bahwa saya mendapatkan tiga warna bunga dahlia yang berbeda. Seperti yang Anda lihat, ada oranye, putih, dan kuning.

Dahlia atau disebut Dahlien dalam bahasa Jerman merupakan tanaman bunga yang sangat mudah tumbuh. Di area empat musim di sini dahlia tumbuh mekar di musim panas. Tanam dahlia di area yang memang bersuhu hangat karena dahlia adalah tanaman subtropis.

Konon dahlia suka dengan sinar matahari, setidaknya minimal 6 jam per hari. Itu sebab dahlia tumbuh indah di bulan Augustus lalu, saat saya melihatnya.

Dahlia itu sebaiknya sudah ditanam sejak memasuki musim semi. Dahlia tak mungkin hidup saat suhu masih dingin dan membeku, kecuali kita meletakkan dalam rumah kaca. Di negeri empat musim dahlia berkembang baik di bulan Juni hingga Oktober.

Begitu pun Dahlia hidup subur di tanah yang gembur, bukan tanah padat. Dahlia juga tidak bisa dibiarkan di tanah yang basah. Kelembaban yang berlebihan akan membuatnya umbinya cepat busuk. Bagaimana pun Dahlia adalah bunga subtropis. Dahlia tidak bisa hidup di bawah suhu lima derajat.

Dahlia itu ada bermacam variasinya di dunia, bahkan mencapai dua puluh ribu di dunia. Setiap orang yang mengenal dahlia paham bahwa bunga ini suka sekali dengan cahaya dan sinar matahari. Berawal dari umbinya akan memudahkan kita merawat dahlia langsung di tanah, ketimbang di vas warna-warni.

Hmm, ini mungkin menjadi rencana saya tahun depan untuk menanam dahlia di kebun belakang rumah. Anda sendiri bagaimana? Apakah Anda pernah menanam dahlia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.