Makanan Khas Rusia (1): Beef Chebureki, Sejenis Pastel atau Empanada Isi Daging

Chebureki atau Tschebureki adalah salah satu makanan yang menurut saya adalah pengaruh migrasi kuliner. Pasalnya makanan asal Rusia ini juga ada di Turki. Bentuk makanan ini tampak seperti pastel yang tidak asing lagi buat kita.

Saya mendapatkan resep dan bersama-sama memasaknya dengan teman asal Indonesia. Dia sedang berpacaran dengan pria asal Yunani. Dia menjelaskan makanan ini mirip pastel di Indonesia.

Jika pastel isian umumnya adalah sayuran, mungkin telur atau ada juga suwiran daging ayam maka Chebureki ini isiannya adalah daging sapi giling. Namun bentuk dan pembuatannya memang mirip pastel.

Isian Chebureki yang demikian pakai daging sapi giling, bawang bombay, garam, merica Dan oregano sudah cukup menjadi santapan makan siang saya. Chebureki mengingatkan saya pada empanada, makanan khas Meksiko. Isian empanada yang saya pesan saat itu adalah chili corn carne, yakni daging sapi giling berikut kacang merah dan jagung.

Chebureki ini juga dikenal di Rusia, yang disebut dengan Чебуреки dalam bahasa Rusia. Di Rusia, makanan ini menjadi street foods yang mudah dan murah dijumpai.

Kebanyakan orang Rusia tak pandai membuat Chebureki ini karena begitu mudahnya mereka membeli. Ini sama seperti saya tidak tahu bagaimana membuat pastel, yang biasanya saya hanya membelinya saja.

Keterangan Foto: (1). Adonan diuleni; (2). Diberi isian sebelum dibentuk; (3). Bungkus dan tutup rapat pinggirnya pakai garpu; (4). Silakan disantap dengan saus tomat.

Chebureki dengan isian daging ini rupanya dikenal di Turki sebagai borek. Saya sendiri pernah membahas borek dengan resep yang disertakan di link ini. Isian borek saat itu kacang walnut dan bayam. Namun Anda bisa menggantinya sesuai selera seperti daging sapi cincang misalnya.

Kembali ke Chebureki yang mudah ini, Anda bisa membuatnya di rumah. Untuk kulitnya, Anda butuh: 325 gram tepung terigu, 2 sendok makan minyak sayur, setengah sendok makan garam dan 150 ml air hangat.

Sedangkan isiannya antara lain: 250 gram daging sapi giling, setengah bawang bombay, bumbu lain seperti garam, merica serta oregano.

Setelah Anda membentuk adonan sesuai petunjuk gambar di atas, goreng dalam rendaman minyak sayur panas hingga kedua sisi kuning kecokelatan. Untuk sausnya, Anda bisa gunakan tomat, bawang putih, garam dan paprika yang dihaluskan.

Dari pengalaman membuat dan menikmati Chebureki, saya percaya migrasi kuliner telah terjadi ribuan tahun lalu. Siapa sangka makanan antar wilayah bisa memiliki kemiripan satu dengan lainnya.

4 thoughts on “Makanan Khas Rusia (1): Beef Chebureki, Sejenis Pastel atau Empanada Isi Daging

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.