Makanan Khas Asia (78): Matcha Cake, Kue Rasa Teh Matcha Beda dengan Kue Spons Pandan

Kue rasa matcha.

Matcha bisa jadi tak asing bagi Anda di Indonesia karena rasa matcha bisa ditemukan dalam berbagai produk kemasan seperti makanan dan minuman. Saya sendiri ingin sekali berkreasi dengan matcha suatu saat nanti seperti membuat kue. Itu sudah menjadi daftar rencana kreasi saya selanjutnya.

Seperti membawa pada keinginan saya tersebut, saya disuguhi kue yang terbuat dari matcha ini. Kenalan saya menceritakan bahwa ia baru saja membelinya di toko Asia. Saya penarasan pun mencicipi kue rasa matcha ini.

Bagaimana pun kue ini membawa kenangan tersendiri bahwa kami pernah menikmati minuman dan makanan saat berada di Jepang, Tiongkok dan Singapura. Matcha begitu digemari karena manfaatnya yang baik juga bagi tubuh.

Sambil menikmati matcha cake yang spons dan lembut ini bersama secangkir teh sore hari, kami membahas manfaat matcha. Di Jepang memang ada tradisi seremoni menikmati minum teh matcha. Waktu di Jepang disuguhi minum teh matcha ada rasa aneh pertama kalinya. Pada akhirnya saya bayangkan bahwa ini seperti rasa green tea yang berbeda.

Efek matcha adalah memberikan relaksasi setelah menikmatinya, yang bisa ditemukan dalam makanan dan minuman. Hal menarik lainnya, matcha memberikan pengaruh yang baik dan positif pada suasana hati. Ini baik juga untuk menjaga kestabilan berat badan asalkan dikonsumsi dengan tepat dan tak berlebihan.

Kembali ke kue rasa matcha yang lezat ini, saya merasakan ini berbeda dengan kue rasa pandan yang pernah saya buat sebelumnya. Meski keduanya berwarna hijau, tetapi kedua bahan warna hijau berasal dari dua tumbuhan yang berbeda. Silakan cek praktik kue spons rasa pandan di link yang ditautkan.

Namun ada yang sama dari kedua kue tersebut, kedua kue warna hijau ini sama-sama kue spons yang lembut. Saya pikir kelembutan kue ini berasal dari jumlah telur ayam yang digunakan. Teknik kedua adalah kuning dan putih telur dipisah sebelum dipanggang. Saya akan pratikkan kue spons matcha berikutnya.

Dari menikmati matcha cake ini, saya terinspirasi membuat kue rasa matcha di dapur saya. Selain itu, saya ingin mengulang memori minum teh matcha seperti yang dulu dilakukan dalam seremoni teh di Jepang.

Apa pengalaman Anda menikmati kue atau teh matcha?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.