Pastinaken atau Parsnip, Sejenis Lobak Tua Mirip Wortel yang Manis dan Terlupakan

Suatu hari ibu mertua mengundang makan siang bersama. Kebetulan dia memasak makanan yang disebutnya sup kacang yang berisi aneka sayuran yang direbus, termasuk wortel dan parsnip, kemudian dinikmati bersama mie dan disiram sup kacang. Saat saya memilih sayuran rebus tersebut, saya pun bertanya tentang parsnip ini.

Orang Jerman menyebut parsnip sebagai pastinaken. Saya sendiri sepertinya baru pertama kali menjumpai sayuran ini. Saya memang kerap menjumpai parsnip, sejenis lobak in di supermarket. Bentuknya mirip sekali dengan wortel, hanya saja parsnip berwarna putih krem seperti yang Anda lihat dalam foto di atas.

Mengapa saya menjelaskan parsnip? Karena saat ini di area tempat tinggal saya sedang musim dingin. Parsnip ini banyak dijumpai antara Oktober hingga Maret yang memang periode itu terhitung musim dingin di Eropa. Pada umumnya musim dingin petani sulit sekali memanen karena suhu dingin, tetapi tidak untuk parsnip yang dipanen di musim dingin.

Konon parsnip ini punya tekstur seperti wortel. Lihat saja bentuknya pun mirip. Tanaman parsnip itu berasal dari umbinya seperti wortel. Banyak orang tak tahu cara mengolah parsnip karena sayuran ini dianggap sudah lama tak dijumpai di pasaran. Kini parsnip ditemukan kembali di supermarket.

Di abad 18, parsnip menjadi salah satu makanan penting. Kehadiran kentang di Eropa membuat parsnip dilupakan, begitu cerita yang saya dapatkan. Parsnip bisa dibuat sup seperti yang saya nikmati atau digoreng. Informas lain menyebutkan parsnip bahkan bisa dibuat seperti kartoffelpüree, kentang tumbuk atau mashed potato. Di Jerman belahan lain menyebut Kartoffelpüree sebagai Kartoffelbrei.

Jika Anda butuh alternatif selain kentang, silakan coba parsnip ini. Rasanya parsnip itu sedikit manis seperti ubi dan sedikit pedas seperti lobak. Sedangkan kentang atau wortel tidak pedas alias tawar.

Tentu sayuran akan selalu kaya nutrisi seperti parsnip ini. Sayuran dari umbinya ini bisa dijadikan sumber karbohidrat seperti kentang. Parsnip memiliki efek anti bakteri juga kaya akan vitamin C dan D. Parsnip juga mengandung kalsium dan fosfor.

Nah, dari cerita saya di atas, apakah Anda sudah pernah mencoba membuat masakan parsnip atau Anda baru mendengar sayuran ini?

3 thoughts on “Pastinaken atau Parsnip, Sejenis Lobak Tua Mirip Wortel yang Manis dan Terlupakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.