Kue Khas Jerman (46): Nussecken, Kue Panggang Rasa Kacang dan Penghargaan Guinness Book of Records

Kue kacang panggang, manis dan gurih.

Kue kacang satu lagi dari Jerman begitu berbeda dari kebanyakan kue kacang lainnya. Kue kacang dari Jerman yang pernah dibagikan seperti kue kacang almond atau kue nussschnitten yang juga sama enaknya.

Namun kue rasa kacang yang saya bagikan saat ini berbeda. Kue kacang ini berasal dari pastry kemudian diberi selai buah-buahan. Setelah dipanggang, kue diberi kacang panggang yang dihaluskan. Ini menjadi lapisan topping sebelum dipotong-potong segitiga.

Saya tidak membuatnya sendiri, tetapi saya membelinya di toko pastry. Ibu mertua merekomendasikan kue ini sebagai cemilan sore hari saat Kaffeetrinken. Ditemani secangkir kopi susu, kue ini terasa manis cokelat dan gurih kacang.

Lucunya kue rasa kacang ini juga masih ditambahi lelehan cokelat. Lelehan cokelat melapisi kue berbentuk segitiga ini. Kue nussecken lainnya meletakkan lelehan cokelat pada ujungnya.

Oh ya nussecken original ya menggunakan kacang tanah atau disebut Erdnuss dalam bahasa Jerman. Namun ada pula kue kacang yang menggunakan kacang almond. Rasanya tentu berbeda dan tergantung selera penikmatnya. Kue nussecken pastinya kue kacang panggang dengan lelehan cokelat sebagai dekorasi kue.

Saat saya mencari tahu banyak tentang kue ini, saya mendapati ada penghargaan Guinness Book of Records untuk Nussecken terbesar di dunia. Acara nussecken terbesar ini diselenggarakan di Koblenz tahun 2010.

Untuk pembuatan kue nussecken terbesar di dunia ini membutuhkan waktu pengerjaan selama 1 minggu. Ukurannya sendiri mencapai 5,6 meter X 5,7 meter X 9 meter. Butuh 80 nampan untuk membagikan kue nussecken ini.

Proyek kue nussecken terbesar di dunia bertujuan sebagai proyek amal. Hasilnya diperuntukkan untuk mendukung kesejahteraan anak-anak yang mengalami kemiskinan.

Apakah Anda pernah tahu kue kacang di Indonesia juga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.