25 November: Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan

Hari ini diperingati oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Hari Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan. Tentu Anda bertanya mengapa tanggal 25 November dijadikan momen untuk menggiatkan kesadaran penghentian kekerasan pada perempuan. PBB tentu telah mempertimbangkan hal ini.

Tanggal 25 November 1960 telah terjadi peristiwa berdarah yang menimpa tiga bersaudari yakni Patria, Minerva dan Maria Teresa. Mereka dikenal dengan sebutan The Mirabal Sister dari Amerika Latin, tepatnya Dominika.

Mereka bertiga adalah aktivis yang mengecam dan menentang rezim Rafael Trujillo, yang dikenal sebagai penguasa diktaktor masa itu. Sayangnya mereka bertiga ditemukan tewas akibat kecelakaan mobil. Kecelakaan itu dianggap tidak wajar.

Butuh waktu lama untuk menyelidiki tiga aktivis perempuan asal Dominika tersebut. Belum lagi bermunculan aktivis perempuan yang menyerukan keadilan dan keseteraan gender.

Bagaimana pun kasus-kasus kekerasan berbasis gender bermunculan sehingga PBB perlu mengambil kebijakan seperti mencetuskan deklarasi yang mendefinisikan Kekerasan Berbasis Gender tersebut tahun 1993.

Deklarasi Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan, Pasal 1, 1993 mendefinisikan sebagai berikut. Kekerasan terhadap perempuan adalah setiap perbuatan yang dikenakan pada seseorang semata-mata karena dia perempuan yang berakibat atau dapat menyebabkan penderitaan secara fisik, psikologis, ataupun seksual termasuk juga ancaman perbuatan tertentu, pemaksaaan, atau perampasan kemerdekaan secara sewenang-wenang baik yang terjadi di muka umum maupun dalam kehidupan pribadi.

Terkait hal ini, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memutuskan untuk menjadikan tanggal 25 November sebagai Hari Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan. Momen ini banyak dipergunakan Aktivis Perempuan dan Organisasi berfokus kesejahteraan perempuan untuk melakukan kampanye massal.

3 thoughts on “25 November: Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.