Swedia (12): Pengalaman Menjadi Penumpang Ferry dari Swedia ke Jerman

Kapal mulai menepi pelabuhan kota Rostock, Jerman. Suasana masih gelap meski kami tiba di pagi hari.
Suasana pelabuhan saat kapal mulai merapat.

Cerita perjalanan ke Swedia ditutup di sini, yakni pengalaman menjadi penumpang Ferry kembali ke Jerman. Waktu keberangkatan naik ferry pun tiba. Kami bergegas membawa mobil kami merapat ke pelabuhan. Jalur ferry yang kami pilih dari Trelleborg ke Rostock. Kami memesan sebelum berangkat berlibur dengan aplikasi online.

Ada beberapa pilihan jam keberangkatan yang bisa dipilih. Kami memilih waktu malam hari dengan harapan kami bisa menghabiskan waktu mengeksplorasi Kota Trelleborg. Alasan lain, kami ingin merasakan menginap di Ferry dengan kamar pribadi yang tersedia sesuai pesanan. Lagipula perjalanan selama 7-8 jam sangat baik untuk memangkas waktu hotel dan transportasi di kapal penyeberangan.

Setibanya di pelabuhan, kami mengikuti lajur kendaraan pribadi sampai menunggu instruksi selanjutnya dari petugas pelabuhan. Sisanya adalah jalur truk pengangkut logistik yang menjadi bagian dari kapal penyeberangan. Begitu diijinkan masuk, kami parkirkan mobil sesuai antrian.

Lalu kami masuk ke kabin sesuai tiket kelas yang tertera. Begitu tiba di kabin, kami masuk ke kamar karena kami sudah lelah seharian. Seperti yang Anda lihat di foto yang disertakan, situasi kamar di kabin. Tersedia kamar tidur bertingkat, sofa, meja dan kamar mandi pribadi. Ini lebih baik ketimbang kami duduk berjam-jam di kursi penumpang.

Kamar mandi bersih yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan termasuk mandi pun bisa dilakukan karena kita masih punya banyak waktu dalam perjalanan. Kami bahkan masih bisa menikmati sarapan pagi bersama di kapal sebelum tiba di pelabuhan di Jerman.

Suasana kamar kabin di kapal penyeberangan.
Gerbang pelabuhan kota Trelleborg untuk mobil dan truk logistik.

Meski pun bukan tidur berkualitas karena kami tidur di kapal penyeberangan, tetapi kami merasakan pengalaman yang berharga di Ferry. Pengalaman pertama, perjalanan singkat sekitar 1 jam dari Jerman ke Denmark dengan cerita yang ditautkan. Pengalaman kedua, perjalanan panjang dari Swedia ke Jerman seperti yang dilakukan saat ini.

Ketika kapal sudah bersandar di pelabuhan di Rostock, petugas kapal memberikan pengumuman agar kami bersiap-siap termasuk kembali ke mobil masing-masing. Yeay, pada akhirnya kami tiba di Jerman. Saat perjalanan ini dilakukan adalah waktu musim gugur dan begitu dingin suhu di pagi hari.

Melalui pengalaman ini, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang perjalanan laut yang bisa ditempuh dari atau ke Jerman. Pengalaman transportasi ini bisa menjadi pilihan di antara moda transportasi lainnya. Pilihan jurusan Ferry lainnya adalah Tralleborg ke Swinemünde, Polandia. Itu bisa menjadi pilihan bila Anda ingin melanjutkan rute Swedia ke Polandia.

Cerita perjalanan kami ke Stettin, Polandia yang dekat dengan pelabuhan Swinemünde, bisa disimak pada link yang ditautkan. Jadi, Anda akan pilih jalur ferry yang mana, pelabuhan di Jerman atau pelabuhan di Polandia?

6 thoughts on “Swedia (12): Pengalaman Menjadi Penumpang Ferry dari Swedia ke Jerman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.