Trulli: Mi Seperti Tortellini yang Bulat dan Tidak Berisi

Berbagai model pasta dan mi sudah saya ulas di website ini. Saya sendiri dulu menyebutnya hanya pasta atau mi saja, ternyata di Jerman tidak. Mereka memiliki nama sendiri yang memudahkan orang menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Seperti cerita saya berikut tentang trulli yang di Jerman dimasukkan dalam golongan mi. Semula saya pikir ini adalah tortellini karena bentuknya yang mirip. Bentuknya melingkar dengan ukuran yang sama, saya berpikir trulli adalah tortellini.

Tortellini semacam pangsit rebus, boleh dibilang begitu. Pasalnya dalam kantungnya sendiri terdapat sajian seperti daging atau sayuran. Jadi perhatikan sebelum anda membeli. Jika anda suka daging, pilih tortellini yang rasa daging sapi atau ayam.  

Ada pula tortellini vegan seperti isian bayam misalnya. Tortellini memiliki kantung untuk menyelipkan isian sesuai selera daging atau sayuran. Mengolahnya pun terasa mudah, hanya kaldu atau saus saja sudah cukup.

Sedangkan trulli tidak punya kantung seperti tortellini dan memang tidak ada isiannya. Bentuknya sama-sama bulat dan memasaknya pun seperti memasak pasta lainnya. Dalam air panas, diamkan sampai masak sekitar 10 9 menit.

Kebanyakan trulli dimanfaatkan sebagai campuran salad karena bentuknya yang kecil dan rasanya yang tawar. Saya berusaha mencari tahu dari mana jenis mi trulli berasal. Apakah trulli berasal desa indah yang menjadi objek wisata bernama Trulli juga?

Saya sendiri tidak mendapatkan jawabannya mengapa disebut trulli? Mungkin bentuknya bulat seperti itu disebut trulli sebab di area terindah di Italia yang disebut Trulli, memiliki bentuk atap rumah seperti mi trulli. Cagar budaya ini masih dilindungi hingga sekarang.

Bagaimana menurut Anda?

4 thoughts on “Trulli: Mi Seperti Tortellini yang Bulat dan Tidak Berisi

    1. Hi Phil, this article isn’t about tortellini. It explained trulli, I thought it’s similar form as tortellini. I have no idea trulli to write this noodle in English word. Thanks for stopping by, Phil!

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s