Makanan Khas Yunani (12): Vasilopita, Kue Tahun Baru Berisi Keberuntungan

Credit photo: Instagram learning_by_cooking.

Masih dalam hitungan 5 hari dari semarak tahun baru 2022, saya bagikan pada Anda kue yang biasanya menjadi tradisi awal tahun. Kue ini sendiri merupakan kiriman foto dan informasi dari kenalan saya. Silakan Anda mengikuti akun Instagram: learning_by_cooking yang menyajikan resep dan aneka makanan Indonesia dan Yunani.

Kue yang dibahas kali ini berasal dari Yunani bernama Vasilopita. Kue ini konon dikaitkan dengan Hari Raya Santo Basilius yang jatuh tiap 1 Januari. Mengapa? Negara Yunani masih didominasi Gereja Ortodoks di mana 1 Januari dirayakan sebagai Hari Orang Kudus Basilius Agung. Karena dirayakan tiap 1 Januari maka kue ini kadang dikaitkan dengan perayaan Santo Basilius.

Secara harafiah nama kue Vasilopita diambil dari abjad Yunani, Βασιλόπιτα yang diterjemahkan menjadi “Basil pie” yang dirayakan sebagai Santo Basilius Agung dalam Gereja Katolik tiap 2 Januari. Gereja-gereja di Timur masih merayakan Santo Basilius tiap 1 Januari.

Santo Basilius adalah seorang Uskup yang terkenal pada tahun 300-an Masehi atau jemaat Kristen Awal. Kesalehan hidupnya seperti menolong orang sakit, membantu orang miskin dan lainnya banyak menginspirasi orang-orang Kristen masa itu. Santo Basilius wafat tanggal 1 Januari.

Pendapat lain tentang kue ini adalah kue keberuntungan yang di dalamnya berisi koin tersembunyi sehingga mereka yang mendapatkan kue ini dianggap beruntung. Demikian tradisi ini dijalankan teman saya tersebut bersama keluarga dari Yunani yang telah menetap lama di Jerman saat mereka merayakan tahun baru lalu. Koin diselipkan dalam kue tersebut sehingga dia yang mendapatkan potongan kue berisi koin simbolis akan beruntung mendapatkan hadiah.

Tradisi pemotongan kue Vasilopita adalah tradisi Tahun Baru di Yunani. Mereka bisa mengkreasikan kue ini sesuai kebutuhan saat Tahun Baru tiba. Pada akhirnya, pemotongan kue Vasilopita adalah simbol bagaimana semua orang berharap kebaikan dan keberuntungan di awal tahun yang baru.

Pendapat lain soal kue ini menyatakan bahwa Vasilopita mirip dengan kue King’s Cake yang juga dibuat di belahan Eropa lainnya. Kue ini biasanya ada saat Natal atau jelang Epiphany. Perayaan Epiphany atau Hari Tiga Raja dari Timur akan dijelaskan besok berikutnya. Namun tradisi kuliner menyertai perayaan tersebut.

Kue Vasilopita atau King’s Cake dimodifikasi sesuai kebutuhan nutrisi atau selera pembuatnya. Sebagai contoh, teman saya berpendapat kue Vasilopita di atas biasanya ditaburi gula halus. Intinya bukan bagaimana kue dibuat melainkan bagaimana kita akan selalu berharap keberuntungan di tahun yang baru.

CATATAN:

Sejak Januari 2022 saya menutup kolom komentar karena saat ini saya benar-benar sibuk. Saya menghargai atensi Anda semua sebagai pembaca. Anda bisa mengontak saya ke Media sosial atau email info@liwunfamily.com. Mohon dapat dimaklumi. Terima kasih.