Gochugaru: Bubuk Cabai yang Biasa Dipakai Buat Kimchi

Apakah Anda mengenal Gochujaru yang biasa dipakai dalam makanan khas negeri Samsung ini? Setelah saya membahas Gocujang, saya pikir saya perlu membahas Gochujaru karena keduanya kerap saya pakai di rumah. Gochujaru sendiri dipakai untuk membuat kimchi, asinan sayuran khas dari negeri K-Pops ini.

Gochujaru ini adalah bubuk cabai seperti yang Anda lihat dalam stok di rumah saya, tetapi rasanya mild. Meski Gochujaru dan Gocujang menghasilkan warna merah pada makanan sehingga terlihat pedas sekali. Namun, saya tetap meyakini rasa pedas cabai di Indonesia lebih pedas dari produk Korea ini.

Dari asal nama Gochu atau ditulis 고추 berarti cabai dan garu (가루) berarti bubuk sehingga Gochujaru adalah bubuk cabai. Sedangkan Gochujang adalah pasta cabai hasil fermentasi yang juga kerap dipakai oleh negeri kimchi ini. Lebih detil tentang Gochujang bisa Anda lihat dalam ulasan link ini.

Resep makanan yang akan jadi praktik saya menggunakan Gochujaru dan Gochujang akan dibagikan pada Anda selanjutnya.

Bahan baku Gochujaru berasal dari cabai yang juga cukup dikenal di Asia, termasuk Indonesia. Cabai yang dipakai adalah yang berwarna merah kemudian dikeringkan. Pengeringan cabai sendiri menggunakan sinar matahari.

Pengeringan alami ini menentukan rasa Gochujaru terbaik. Setelah itu, cabai kering tersebut ditumbuk kasar. Serpihan bertekstur ini menghasilkan bubuk yang disebut Gochujaru.

Dari penjelasan di atas, mungkin saja Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Dahulu begitulah rumah tangga di Korea membuat Gochujaru dari tanaman cabai milik sendiri. Konon tanaman cabai dibawa bangsa Portugis ke Korea sekitar Abad 16.

Di Jerman, Gochujaru mudah ditemukan di supermarket apalagi toko Asia. Produk Gochujaru yang dipasarkan umumnya mild sehingga saya bisa merasakan standar pedas dalam batas kewajaran. Stoknya dijual dalam ukuran besar. Jika stok Gochujaru sudah dibuka, sarannya ditutup dalam kondisi tertutup, bersih dan bertahan hingga 3-4 bulan.

Jadi nantikan resep makanan Korea yang dibagikan pada Anda.