Makanan Khas India (22): Fish Makhani, Ikan Bumbu Kari Masala dan Butter

Makanan khas berikutnya berasal dari negeri Bollywood. Dengan tampilan yang khas seperti ulasan-ulasan sebelumnya, tentu Anda bisa melihat makanan yang kaya rempah dan kari. Apa pun isiannya, baik sayuran, daging maupun ikan maka semuanya tampak sama. Semua isian itu tak terlihat.

Saya dan suami memesannya di restoran India langganan kami. Restoran yang selalu ramai dipenuhi pengunjung mayoritas Jerman ini memiliki kelezatan tersendirinya. Rasa kari yang kuat dan kental mendominasi di semua pesanan kami. Sebut saja beef vindaloo yakni daging sapi seperti rendang yang berasal dari Goa, India atau kari kambing pakai bayam.

Selanjutnya saya bahas makanan khas India yakni ikan. Saya sebetulnya sudah pernah membahas ikan bumbu super pedas, yang disebut Hot Chilli Fish Curry yang menurut saya memang pedas cabai yang disukai penggila rasa pedas. Setelah saya memesan makanan pedas, saya memesan manggolassi manis untuk menetralisir rasa pedas di mulut.

Nah, kini saya memesan lagi menu ikan tetapi rasa masakan tidak pedas. Nama menu itu adalah fish makhani. Untuk menu ikan ini, sebetulnya rasanya mirip dengan butter chicken masala yang pernah saya ulas sebelumnya. Hanya perbedaannya, pesanan ini adalah ikan.

Bagi pencinta makanan ikan dan tak suka makanan pedas maka menu ini bisa dihidangkan. Sebenarnya saus yang digunakan adalah saus mentega yang kental dan tak pedas. Itu sebab tampak menu ini creamy.

Orang India biasa menikmati menu ini sebagai santapan makan siang atau makan malam. Pecinta makanan laut pun bisa mengganti ikan dengan bahan lain seperti cumi atau udang yang sebelumnya sudah dibalut tepung dan digoreng.

Oh ya, fish makhani ini adalah makanan favorit penduduk India yang tinggal di sebelah Utara. Biasanya mereka menikmati dengan nasi basmati. Tentunya saus tomat yang creamy mentega membuat siapa saja jatuh hati mencicipinya. Pesan saya, semoga Anda tidak ketagihan. Ini benar-benar enak sekali.

One thought on “Makanan Khas India (22): Fish Makhani, Ikan Bumbu Kari Masala dan Butter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s