Ketika Angka 2 Penuh Makna Hari Ini 2.2.2022

Hari ini saya diingatkan bahwa hari ini begitu berkesan karena memiliki angka 2 yang berturut-turut. Ini sama ketika saya membicarakan hari lajang hanya karena memiliki angka 1 sebanyak empat kali pada 11 November.

Angka 1 di tanggal tersebut bisa bermakna Hari Lajang atau Hari Kesetiaan. Jelasnya bisa dicek di link yang ditautkan. Semua berpulang kepada keyakinan Anda sendiri. Lalu bagaimana dengan angka 2?

Saya mencari tahu tentang angka 2. Angka 2 adalah bilangan prima terkecil. Anda tentu tahu apa itu bilangan prima dalam pelajaran matematika. Saya tak pandai menjelaskannya secara matematis.

Masih tentang angka 2 sebagai bilangan prima. Angka 2 begitu menarik sebagai bilangan genap. Mengapa? Karena angka 2 adalah satu-satunya bilangan genap yang merupakan bilangan prima. Menarik kan!

Angka dua sering disebut dalam berbagai literatur. Misalnya saja, dalam Alkitab. Dari perikop Lukas 10:1 dikatakan: “Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.” Mengapa Tuhan tidak meminta sendiri-sendiri atau bertiga atau berlima dan lain sebagainya?

Dalam pencarian lain, saya menemukan angka dua sebagai keseimbangan atau harmonisasi yang mendasari alam semesta. Angka dua tidak ganjil pastinya. Ada kata dualitas yang berlawanan dari singularitas.

Pendapat lainnya saya temukan konsep Yin (=perempuan) dan Yang (=laki-laki) dalam tradisi budaya masyarakat Tiongkok. Menurut ajaran Tao, angka dua memiliki sifat ganda yang bertentangan tetapi saling melengkapi.

Masih banyak pendapat lainnya tentang angka dua dalam tradisi kepercayaan di dunia. Kita berharap semua angka sama baiknya, hanya saja hari ini begitu istimewa. Mengapa? Hari ini bukan berhubungan dengan mistik apalagi mitos.

Hari ini memiliki angka 2 yang begitu banyak. Hari ini begitu istimewa jika seseorang melangsungkan pernikahan atau membuat sesuatu yang istimewa. Alasannya, hari ini begitu mudah diingat, seperti kita mengingat hari ulang tahun. Angka 2 begitu banyak.

Saya menutup kolom komentar sejak 1 Januari tahun ini karena saya sedang sibuk. Anda tetap bisa meninggalkan komentar/pendapat, tetapi saya tidak bisa membalasnya. Semoga Anda mengerti.