Makanan Khas Italia (38): Farfalle con Calamari, Pasta Farfalle dengan Cumi Saus Pedas

Liburan di Italia perlu berhati-hati dengan berat badan. Saya khawatir bahwa ini membuat berat badan saya bertambah akibat semua makanan yang disajikan terlalu lezat. Lidah saya sendiri sudah terbiasa dengan sajian makanan dari Italia dikarenakan di Jerman saya begitu sering menikmati sajian khas Italia. Bahkan sudah sering saya bahas tentang pasta yang beranekaragam bentuknya.

Kali ini saya bahas pasta Farfalle, bisa jadi Anda sudah sering mendapatinya dalam berbagai sajian khas makanan Italia. Farfalle memang tak asing lagi saya nikmati, hanya saja saya lupa membahas tersendiri di website ini. Jadi saya ulas sekarang.

Seperti yang Anda lihat pasta ini berbentuk seperti kupu-kupu cantik sekali. Itu sebab jika kita lupa namanya sebut saja pasta kupu-kupu. Sebenarnya Farfalle berasal dari kata dalam bahasa Italia yakni kupu-kupu. Namun di berbagai tempat di Italia bisa jadi namanya bukan farfalle. Contohnya kota Modena Italia menyebut Farfalle sebagai strichetti.

Saya menyambangi dapur hotel untuk mengamati bagaimana farfalle dibuat. Setelah adonan pasta selesai dibuat dan diratakan permukaannya, maka potong sama rata berbentuk kotak dengan pisau bergerigi. Lalu cubit bagian tengah sehingga membentuk dasi kupu-kupu.

Pasta farfalle konon muncul keberadaanya di Italia bagian utara. Kemunculan farfalle diperkirakan sejak abad 16 di Italia.

Farfalle ada berbagai bentuk. Ukuran besar disebut farfalloni, sedangkan ukuran kecil disebut farfalline. Ada juga farfalle yang sedikit bergerigi tiap permukaan disebut Fiocchi rigati. Sedangkan bentuk lainya adalah farfalle yang bulat ke samping dan disebut dengan Farfalle tonde.

Nah, saat kami liburan, kami tidak hanya menyantap kuliner saja, tetapi belajar cara pembuatannya. Pasta Farfalle adalah salah satunya yang saya suka bentuknya. Ketebalannya pun tepat sehingga enak untuk disantap dengan berbagai macam saus.

Hotel menyajikan makan siang kami adalah farfalle dengan cumi bersauskan tomat. Wah, ini kok enak ya! Liburan di Italia bersiaplah dengan angka timbangan berat badan.

Apakah Anda sudah pernah menyantap Farfalle juga?

One thought on “Makanan Khas Italia (38): Farfalle con Calamari, Pasta Farfalle dengan Cumi Saus Pedas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.