Makanan Khas Asia (81): Mi Somen, Mi Halus Tipis dari Jepang

Mie somen yang belum dimasak dan sudah dimasak.

Mi adalah makanan pokok dari Asia. Saya sendiri menyediakan stok beras, kentang, pasta dan aneka mi untuk kebutuhan di rumah. Maklum saja, makanan sehari-hari saya merupakan kombinasi dari makanan Timur atau makanan Barat.

Salah satu stok mi yang saya simpan adalah mi somen atau somyeon yang saya lupa mengapa saya menyimpannya. Saya hanya menyebutnya mi saja. Di Indonesia, saya mengenal mi bihun, mi keriting, mie lebar. Rupanya mi dari Asia Timur itu beragam, termasuk mi somen ini.

Saya pun bertanya pada teman asal Tiongkok karena saya penasaran dengan mi yang begitu sangat tipis dan lembut ini. Di Tiongkok mi ini punya sebutan lain yang berbeda dengan mi somen yang dikenal di Jepang. Di Tiongkok mi ini disebut 素面 atau sumian. Di Korea, mi somen disebut somyeon.

Bayangkan saja ya diameter mi somen ini tidak lebih dari 1 millimeter. Begitu tipisnya sehingga saya mudah memasaknya dan lebih cepat masak. Mi ini bisa dinikmati dalam menu panas atau dingin. Hal menarik lainnya, mi somen ini juga tersedia dalam beberapa warna. Tidak hanya warna putih, yang saya miliki saja melainkan ada empat warna lainnya yang saya temukan di literatur lainnya.

Mi ini sangat halus seperti bihun. Saya memasak bihun hanya memasukkan dalam air panas kemudian diamkan selama sekian menit untuk menikmatinya. Sedangkan mi somen ini dimasak seperti mi lainnya, hanya lebih cepat. Mi bihun terbuat dari tepung beras dan air. Sedangkan mi somen terbuat dari tepung terigu dan air.

Melihat bentuknya seperti ini yang dipotong persisi seperti spaghetti, saya menduga ini bisa layaknya spaghetti dari Timur juga. Mi somen bisa dikreasikan dengan sayuran seperti mi rebus. Kreasi lainnya adalah mi somen dengan udang misalnya.

Jadi saya sekarang mengenal aneka mi seperti mi ramen, mi udon, mi soba dan mi somen. Anda bisa cek link yang ditautkan pada mi yang sudah pernah saya bahas tersebut. Saya tetap suka mi ramen. Anda sendiri suka yang mana?

5 thoughts on “Makanan Khas Asia (81): Mi Somen, Mi Halus Tipis dari Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s