Ide Sarapan (36): Bougatsa, Martabak Manis dari Yunani

Check it out Instagram: learning_by_cooking.

Sudah lama tidak membahas topik khusus ide sarapan pagi dikarenakan saya saat ini memang sibuk sekali. Saya tidak sempat berkreasi di dapur untuk membuat kreasi sarapan pagi. Lalu saya mendapati seorang teman berniat untuk membagikan ide sarapan pagi untuk website ini.

Bougatsa berasal dari Yunani, lebih tepatnya Thessaloniki, tempat asal kenalan saya. Sang kekasih dari Indonesia membagikan resep dan foto ini. Konon makanan tradisional khas Yunani Utara ini merupakan pastry asal pedesaan yang bisa diisi dengan rasa gurih seperti daging cincang, keju, sayuran.

Namun bougatsa yang saya bagikan adalah pastry rasa manis. Isiannya seperti rasa pudding manis, kemudian masih diberi gula halus sebagai hasil akhir. Itu sebab saya menjuluki seperti martabak karena martabak bisa berasa manis dan gurih juga sesuai selera pemesan.

Ada yang berpendapat bahwa bougatsa berasal dari Turki. Itu mungkin saja terjadi migrasi kuliner yang membuat hampir mirip satu sama lain. Saya pikir bougatsa mirip baklava yang pernah saya ulas sebelumnya.

  1. 500 ml susu cair
  2. 100 gr gula pasir
  3. 60 gr tepung semolina
  4. 5 gr tepung jagung
  5. 4 roll Puff pastry
  6. Ekstrak vanili
  7. 50 gr Butter
  8. Gula halus
  9. Bubuk kayu manis

Langkah membuatnya:

  1. Siapakan panci kemudian masukkan mentega dan tepung semolina masak selama 3 sampai 5 menit. Sisakan setengah cangkir susu, tambahkan sisa susu ke semolina dan kocok dengan baik.
  2. Ambil setengah cangkir susu, campurkan adonan nomor 1 ke dalam setengah cangkir susu dan aduk rata dan simpan. Setelah mengocok semolina dengan baik tanpa gumpalan, tambahkan gula dan campuran adonan nomor 1 dan terus diaduk.
  3. Jika sudah mengental, tambahkan ekstrak vanila, campur dan angkat. Biarkan isian adonan dingin.
  4. Sekarang ambil satu lembar pastry (tutupi sisanya dengan handuk basah agar tidak mengering) dan olesi dengan mentega. Letakkan lembaran lain di atasnya dan olesi lagi dengan mentega. Tempatkan sekitar satu cangkir isian di tengahnya.
  5. Sekarang lipat satu sisi dan oleskan mentega lagi, lalu lipat sisi yang berlawanan. Kemudian lipat kedua sisi lainnya seperti membungkus hadiah. Ulangi hal yang sama dengan 2 lembar pastry lainnya.
  6. Panggang ini pada suhu 185 C selama 30 hingga 35 menit sampai kue berubah warna menjadi keemasan.
  7. Angkat, dinginkan bougatsa, lalu potong-potong persegi dan sajikan dengan taburan gula bubuk dan kayu manis.

Untuk petunjuk pembuatannya dan resep aslinya, silakan kunjungi akun Instagram: learning_by_cooking.

Selamat mencoba di rumah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.