Saus Burgundy: Apa Itu?

Yeay, saus Burgundy adalah saus yang disajikan dalam menu kantin kampus sehingga saya segera berburu untuk bisa mendapatkannya. Itu adalah menu makanan daging sapi panggang plus semmelknödel yang diberi sayuran berkuah saus burgundy. Usai bekerja, saya cepat-cepat menyambangi kantin untuk menikmati menu makan siang.

Menu saus burgundy bukan hal pertama saya ceritakan pada Anda. Saya pertama kali mendapatinya menu Burgunderbraten saat ada resepsi pernikahan orang Jerman. Menu itu selalu sama yakni: daging sapi panggang, semmelknödel dan kadang ditambah acar kol merah. Isiannya mirip seperti hidangan yang dipesan di kantin kampus.

Bedanya hidangan di kantin kampus harganya terjangkau sedangkan di restoran tentu harganya istimewa. Hidangan Burgunderbraten yang pernah dipesan di restoran dapat dilihat di link yang ditautkan. Di situ Anda akan melihat jelas saus berwarna burgundy yang menjadi kuah. Warna burgundy begitu khas.

Menurut saya, warna burgundy itu seperti merah keunguan. Warna khas ini sebetulnya berasal anggur merah, bawang merah, peterseli, thyme dan daun salam, kemudian disaring dan dicampur dengan beberapa saus espagnole. Begitu penjelasannya dari literatur yang ditemukan. Saus ini berasal dari negeri tetangga, Prancis.

Dalam Bahasa Prancis, saus burgundy ditulis dengan Sauce Bourguignonne. Prancis memang terkenal dengan kuliner-kulinernya yang khas dan enak. Minum anggur adalah kebiasaan orang-orang di sana, sama seperti orang-orang di Jerman menikmati minum bir. Namun anggur merah yang biasa dinikmati setelah makan itu berbeda dengan anggur yang dipakai untuk masakan.

Prancis sendiri dikenal sebagai penghasil anggur. Selama saya berkunjung ke negeri tetangga, Prancis, saya kerap disuguhi anggur merah. Namun sebenarnya itu bukan anggur berwarna merah, melainkan warna burgundy yang menjadi ciri khas anggur di Prancis.

Anggur di Prancis tersebut berwarna merah keunguan gelap. Burgundy ditulis tidak dengan awalan huruf kapital, tetapi huruf kecil. Burgundy juga mengacu minuman anggur di Prancis juga sebagai merek dagang. Warnanya burgundy yang populer membuat orang-orang yang menyukai warna tersebut mengaitkan dengan anggur burgundy.

Nah, apakah Anda pernah menikmati saus burgundy?

One thought on “Saus Burgundy: Apa Itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.