Tips Untuk Anda (37): Stres Pagi Hari? No Way

Setiap orang ada yang suka bangun pagi dan sebaliknya ada yang tak suka bangun pagi. Namun kedua tipe orang ini bisa jadi memiliki masalah yang sama, stres di pagi hari. Meski kita berusaha menghindarinya, stres di pagi hari bisa saja terjadi pada siapa saja.

Tak terbayang stres pagi hari begitu menyiksa sehingga membuat kita stres sepanjang hari. Tentu kita tak ingin hal itu terjadi. Berikut 5 tips mengatasinya:

1. Rencanakan sebelumnya

Biasakan untuk menjadi orang yang terencana meski itu bukan karakter Anda, jika Anda harus melakukan sesuatu di pagi hari seperti meeting kantor, wawancara, presentasi, ujian dll. Bagaimana pun merencanakan lebih awal akan mengurangi kekacauan di pagi hari.

Untuk merencanakan sebelumnya, saya biasanya sudah menyiapkan segala perlengkapan yang dibawa hingga saya telah meletakkan apa saja yang akan dipakai untuk keesokan harinya. Tips ini memang menimalisir kepanikan saya, semisal saya bangun terlambat dsb.

2. Tidur lebih awal

Kita tidak bisa menebak apa yang terjadi saat keesokan harinya. Namun kita bisa mengontrol apa yang mungkin terjadi dengan cara tidur lebih awal. Mungkin kita stres, mengalami gangguan tidur dan merasa khawatir berlebihan sehingga tak bisa tidur. Saran saya, tetaplah di tempat tidur Anda dan berusahalah tidur.

3. Lakukan rutinitas pagi

Lakukan kebiasaan rutin pagi hari seperti yang biasa Anda lakukan. Rutinitas yang tidak dilakukan justru menimbulkan stres tersendiri. Rutinitas pagi biasanya tidak memakan waktu karena Anda sudah tahu apa saja kebiasaan pagi Anda. Anda tahu seberapa lama Anda meditasi pagi, atau misalnya mandi dan berdandan. Lakukan itu dengan baik sehingga Anda tidak perlu mencemaskannya sepanjang hari.

4. Minum air hangat berisi lemon dan Sarapan

Ini adalah kebiasaan di pagi hari yakni menikmati segelas air hangat berisi irisan lemon. Namun Anda tentu punya cara dan minuman lain yang dianggap bisa membangkitkan mood Anda pagi hari. Anda bisa lakukan itu sesuatu sesuai selera Anda.

Saya pikir sestres apapun hari Anda, jangan lupakan nutrisi tubuh! Anda perlu mengunyah atau menelan sesuatu untuk kemampuan produktif dan konsentrasi Anda. Justru Anda akan bertambah stres jika Anda tidak sarapan.

5. Miliki Sikap Positif

Setelah melaksanakan 4 tips di atas, Anda pun harus membiasakan untuk memiliki mentalitas dan sikap positif dalam situasi apapun. Tetap tersenyum dan berucap: Selamat pagi! Tetaplah percaya bahwa Anda bisa melakukan apa yang menjadi tugas Anda. Jika Anda tidak percaya pada potensi Anda, lalu bagaimana orang lain mempercayai Anda?

Kesimpulan

Kita semua mendambakan pagi yang cerah, ceria dan positif. Siapa bisa menebak, kalau kita ternyata bangun kesiangan, jalanan macet, tidak sarapan, cuaca buruk dll. Jika itu terjadi, hanya kita yang bisa mengontrol diri kita. Tenang dan bernyanyilah dalam hati: Don’t worry about the things, cause everything gonna be all right!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s