Makanan Khas Rusia (3): Borscht, Sup Sayuran Merah Vegetarian

Sup Borscht dengan sour cream.

Musim dingin masih berlangsung di negeri tempat tinggal saya. Tentu pilihan menikmati sup hangat menjadi sesuatu yang membahagiakan apalagi sup sayuran yang sudah pasti bernustrisi. Sup musim dingin lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda bisa dicek di link yang ditaukan.

Kali ini sup yang dipilih berasal dari negeri beruang putih, yang juga cukup populer di Jerman. Sup Borscht atau Borschtsch dalam penyebutan lainnya. Konon sup ini berasal dari Ukraina dengan warna merah melekat kuat di citra sup ini. Warna merah berasal dari sayuran bit atau dalam Bahasa Jerman disebut Rote Bete.

Dari seorang teman baik, saya mendapatkan cara membuat sup sayuran ini. Saya sangat tertarik karena saya jarang membahas masakan dari negeri beruang putih ini. Menurut dia, Borscht bisa disajikan dengan rasa daging sapi atau rasa daging ayam. Rasa daging tersebut berasal dari air kuah kaldu yang disajikan dari daging sapi atau daging ayam.

1. Tumis bawang bombay, wortel dan bit; 2. Rebus 1 liter air, beri garam dan merica; 3. Masukkan bahan nomor 1, beri bawang putih yang dihancurkan.

Air kuah kaldu daging ini nantinya akan digunakan sebagai penguat rasa sup Borscht, sementara dalam menu masakan yang disampaikan pada Anda, saya hanya memakai air tanpa kaldu. Jadi menu sup Borscht saya hanya untuk vegetarian, kalau Anda memakai sour cream. Kalau Anda ingin vegan, maka sup bisa disajikan tanpa sour cream.

Sayuran yang digunakan pada menu ini adalah kentang, wortel, bit dan kol. Setelah sayuran disiapkan, panas wajan dengan olive oil. Masukkan bawang bombay yang sudah dihaluskan, tumis wortel, kol yang sudah dihaluskan, bit. Beri garam, merica, dan saus tomat.

Selanjutnya siapkan kentang dalam panci berisi air satu liter. Jika sup Anda berasa daging, gunakan kuah kaldu daging yang diinginkan. Beri garam, merica dan bawang putih yang dihaluskan. Masukkan tumisan ke dalam panci berisi kentang. Masak sekitar 20 menit.

Tertarik mencobanya di rumah?