Ötzi (2): Manusia Es Itu Diberi Nama Ötzi, Mengapa?

Keterangan foto: (1). Ilustrasi Ötzi rekaan penampilan; (2). Alat perkakas dari batu yang diasah; (3). Ötzi dalam 4 dimensi menurut rekaan seniman.

Tiket masuk sudah di tangan. Saya dan suami segera menyambangi pintu masuk museum yang terkesan moderen ini. Di situ diperlihatkan bagaimana situs manusia purbakala yang bakalan saya kunjungi bernama Ötzi. Nama yang mengandung arti tentunya untuk manusia es atau menyebutnya Iceman dalam Bahasa Inggris.

Penemuan Ötzi bermula dari sepasang pendaki asal Jerman yang sedang menyusuri pegunungan Alpen pada 19 September 1991. Pegunungan yang terletak di antara Austria – Italia ini kemudian memunculkan berbagai telaah keilmuwan tentang penemuan manusia yang sudah dimumi dan membeku seperti es.

Setahun kemudian rilis informasi disampaikan bahwa penemuan manusia es tersebut ditelaah merupakan manusia yang pernah hidup sekitar tahun 3000-an sebelum masehi. Anda bisa menghitung sendiri bagaimana sosok manusia yang hidup sekitar 5300-an tahun lalu.

Bahwa manusia es yang ditemukan tersebut menjadi bahan kajian untuk mengetahui peradaban manusia selanjutnya. Tentu pengunjung seperti kami penasaran, bagaimana tampilan fisik mereka? Apa saja makanan mereka di masa itu? Bagaimana kehidupan dan pekerjaan mereka? Dan berbagai keingintahuan manusia moderen sekarang ini, termasuk bagaimana dia meninggal dan menjadi mumi?

Kembali ke soal nama Ötzi, saya pun penasaran mengapa diberi nama tersebut? Ötzi sendiri bisa diterjemahkan sebagai manusia es dalam Bahasa Jerman. Meski penemuan ini berada di Italia, tetapi penduduk Bolzano, lokasi museum berada menggunakan sebagian besar Bahasa Jerman dalam kesehariannya.

Ötzi menjadi istilah yang dipatenkan untuk mumi es dari manusia yang pernah hidup pada masa Neolitukum Awal. Pada masa ini diperkirakan manusia sudah mengalami perubahan dari Food Gathering menjadi Food Producing. Selain itu, manusia di masa itu telah mengenal batu sebagai perkakas yang dihaluskan. Manusia di masa ini telah mengenal bercocok tanam dan berternak.

Kehidupan Ötzi, representasi manusia yang hidup di Masa Neolitukum Awal tampak jelas dalam film produksi negeri Italia yang sempat populer tahun 2017. Saya dan suami sudah sempat menyaksikan film The Iceman yang sempat diputar sebagai Film Hollywood yang diproduksi di Italia. Ötzi digambarkan sebagai manusia yang hidup pada masa itu dengan komunikasi bahasa yang belum dikenali.

Hmm, rasanya menarik sekali bagaimana mengupas sejarah peradaban manusia dari berbagai sisi, seperti bahasa dan komunikasi. Dalam Ötzi digambarkan bahwa bahasa menjadi isyarat berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa menjadi bunyi vokal yang mengandung makna.

Saksikan cerita Ötzi berikutnya ya!