Kletterrose: Mawar yang Merambat

Berbagai bunga mawar telah saya bagikan pada Anda seperti arti bunga mawar merah, bunga mawar kuning dan bunga mawar oranye. Silakan Anda klik link yang ditautkan!

Pembahasan bunga mawar kali ini jatuh pada bunga mawar rambat. Rupanya mawar rambat ini punya karakteristik tersendiri. Di Jerman sebutannya adalah Kletterrose. Mawar ini memang menghiasi taman yang mengagumkan dengan warna merah cerah atau ada yang menyebut merah darah.

Bunga mawar ini kerap dijadikan hiasan atau dekorasi tidak hanya karena warnanya saja. Bunga mawar jenis ini bisa tumbuh melingkar atau merambat menyesuaikan teralis yang melengkung. Ditambah bunga mawar jenis ini punya daun warna hijau yang terang melengkapi keindahan bunga ini.

Kelopak mawar yang besar dibandingkan bunga mawar lainnya, tak salah bunga ini disebut “Ratunya Bunga” dengan warna merah darah yang mencolok. Bunga ini dijumpai di negeri empat musim setelah berakhirnya musim dingin. Bunga ini berdiameter lebar sehingga memancarkan pesonanya dengan jelas.

Bunga mawar ini juga menghasilkan minyak yang bisa dijadikan wewangian. Bunga ini perlu dibiarkan tumbuh berjarak karena akarnya mudah sekali menyebar. Bunga ini memang suka dengan sinar matahari, tetapi sebaiknya diletakkan bukan di arah timur dan barat, yang langsung menghadap cahaya matahari sehingga bunga menjadi kering.

Kletterrose juga punya warna lainnya seperti putih atau merah muda. Banyak orang menyukai mawar jenis ini menghiasi pagar, balkon atau taman milik mereka. Bunga ini tumbuh merambat dan memanjat membentuk teralis yang menyertainya. Tingginya sekitar 5-10 meter. Apalagi bunga mawar ini juga menghasilkan aroma yang menawan.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat kita memangkasnya untuk membuang bunga yang kering atau membentuknya menjadi lengkungan indah yang kita inginkan. Perhatikan pola memangkas bunga ini agar bunga ini tetap produktif. Setidaknya setiap tahun bunga ini mekar dua kali.

Nah, apakah Anda tertarik menanam bunga mawar rambat ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s