Makanan Khas Italia (39): Tortellini Saus Parmesan

Makanan berikut berasal dari Italia. Saya menikmatinya sebagai menu makan siang yang disajikan hotel saat kami pergi berlibur beberapa waktu lalu.

Saya merasa tortellini tidak asing lagi karena saya pernah mengulasnya. Tortellini Emiliana yang memang menu ini berasal dari wilayah Emilia, yang tak jauh dari Modena. Ulasannya bisa dicek di link yang ditautkan.

Tortellini lainnya adalah tortellini pakai bayam dengan saus krim. Saya tuliskan resepnya di sini agar Anda bisa mempraktikannya di rumah. Saya tidak menyangka juga hanya tomat dan bayam saja, rasa tortellini ini sudah enak.

Resep lain tentang tortellini adalah tortellini isian daging sapi saus tomat. Cek resep di sini! Lainnya adalah tortellini saus creamy dengan prosciutto. Resep makanan ini dari Parma, dengan ulasannya di sini.

Lalu apa sebenarnya tortellini itu?

Tortellini sesungguhnya sejenis pasta atau mie dalam bahasa Indonesia, hanya saja berbentuk yang berbeda. Bahan pembuatan pasta juga sama, hanya dibentuk menyerupai pangsit yang indah. Ada pendapat tortellini ini berbentuk mirip kura-kura. Konon di abad 17, banyak bangunan di Modena, asal wilayah tortellini yang banyak arsitektur bangunan bermotif kura-kura.

Tortellini yang saya bahas isiannya adalah sayuran. Biasanya kita bisa dengan mudah mendapatkan tortellini dengan isian yang sesuai selera. Sausnya bisa Anda racik dengan creamy seperti yang diulas di atas atau saus tomat. Silakan sesuaikan dengan selera rasa Anda.

Apakah Anda pernah menikmati tortellini juga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.