Rehat Sejenak Yuk! 5 Cara Ini Bisa Dicoba

Hidup yang begitu sibuk sepanjang minggu terkadang membuat kita melupakan sesuatu. Ya, kita lupa memikirkan diri sendiri. Kita lupa beristirahat. Kita lupa untuk menjauhkan diri sejenak dari kesibukan.

Padahal rehat sejenak itu tak menunggu liburan. Kita tak perlu juga menunggu waktu wiken. Kita bisa melakukannya kapan saja. Bahkan setiap hari, sebaiknya kita punya waktu rehat meskipun itu hanya 15 menit.

Nah, berikut ini adalah 5 cara yang bisa dilakukan untuk rehat sejenak:

1. Mendengarkan Musik atau bernyanyi

Apa musik favorit Anda? Studi (2016) merilis manfaat musik dapat membantu kita mengatur suasana hati dan membawa rasa nyaman, lega, dan senang. Studi yang dilakukan oleh Durham University dan University of Jyvaskyla, Finlandia menemukan manfaat mendengarkan musik melankolis dengan suasana hati.

2. Melakukan segala yang berkaitan dengan seni seperti melukis, mewarnai, bermain musik,dll

Organisasi yang mempromosikan kesehatan mental di Inggris mencatat peran seni dalam mendukung kesejahteraan emosional dan psikologis seseorang. Aktivitas seni seperti bermain musik, mengunjungi museum, menonton teater, menari dan lainnya untuk meningkatkan wellbeing dan mengatasi psikologis distress yang mengganggu.

3. Menggunakan aromaterapi

Studi lain (2014) mencatat manfaat aromaterapi untuk menurunkan tingkat stres dan persepsi terhadap stres. Bahkan manfaat aromaterapi seperti lavender dipercaya dapat membantu tidur lebih nyenyak.

4. Berjalan-jalan ke taman/hutan atau menikmati pemandangan sekitar

Saya pernah membaca hasil studi bahwa menghabiskan waktu minimal dua jam di alam akan membuat kita lebih sehat dan bahagia. Dan itu benar menurut pengalaman keseharian saya selama tinggal di Jerman.

Sehat dan bahagia begitu mudah, mengapa kita tidak mencobanya? Nikmati alam sekitar anda, tanpa merusak sama sekali. Kadang kita perlu keluar dari rutinitas yang membosankan, terlampau moderen bahkan bising. Nikmati kicauan burung, desiran angin dan warna-warni alam. Percaya pada saya bahwa itu nikmat sekali.

5. Menulis jurnal

Saya sendiri menyediakan waktu untuk mencatat apa yang terlintas dan terpikir menjadi jurnal. Hal itu tidak melulu soal pengalaman psikologis, catatan resep masakan, bercakap-cakap dengan orang lain atau hasil refleksi berjalan kaki di hutan sudah cukup membuat saya rileks.

Sesuai dengan hasil studi yang berpendapat bahwa menulis jurnal sangat efektif menghilangkan stres. Tambahan informasi lainnya, mencatat jurnal bermanfaat untuk memperpanjang usia hidup.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk sekedar rehat sejenak. 5 Cara di atas hanya saran dan contoh kecil saja. Anda bisa melakukan dengan cara Anda seperti bernyanyi saat mandi, meditasi atau membersihkan rumah. Bahkan saat saya butuh rehat sejenak, saya memasak.

Apa yang biasa Anda lakukan untuk rehat sejenak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.