Ötzi (3): Manusia Sebelum Masehi itu Bertato dan Korban Kejahatan

Gambaran Ötzi dibuat oleh seniman berdasarkan rekonstruksi ahli.

Kisah Ötzi, yang mendapatkan julukan Iceman berlanjut lagi ke seri ketiga. Sila simak cerita pertama di link ini. Pada bagian kedua, saya bercerita mengapa manusia yang berbentuk mumi es ini pada akhirnya dikenal Ötzi.

Pada tahun 1991, sepasang pendaki asal Jerman menemukan Ötzi di sekitar pegunungan Alpen saat mereka hendak berpetualang menghabiskan masa liburan di negeri tetangga, Italia. Penemuan mendadak itu menggemparkan dunia karena banyak ilmuwan meneliti siapa, bagaimana, apa, kapan dan mengapa dia ditemukan dalam tubuh mumi es. Mumi es ini atau Der Man aus dem Eis disebut dalam Bahasa Jerman.

Mumi Es ini lebih mudah disebut Ötzi dalam bahasa lokal. Kehadiran Ötzi menginspirasi juga untuk dibuat film yang dikenal dunia Film Iceman (2017). Tak hanya dunia hiburan yang terinspirasi dari penemuan Ötzi ini, tetapi juga para ilmuwan ingin membuka peradaban dunia. Seperti apa kehidupan manusia jaman Ötzi yang pernah hidup lima ribuan tahun lalu? Pertanyaan lain, mengapa dia menjadi mumi dan meninggal?

Berbagai ahli dikerahkan untuk menyingkap Ötzi yang tak pernah berhenti sejak penemuan pertama hingga sekarang. Di museum yang kami kunjungi ini setidaknya rasa penasaran dunia mulai terjawab setelah dua puluh tahun lebih menanti. Bagi mereka yang suka sejarah, Anda layak mengunjungi museum ini.

Di tiap jengkal museum menjelaskan siapa dan bagaimana Ötzi hidup masa itu. Ötzi digambarkan sebagai manusia yang saat itu meninggal berusia 45-46 tahun. Dia adalah laki-laki, dengan tinggi badan 1,54 cm. Para ahli forensik memastikan seluruh anatomi dan struktur organ tubuh Ötzi. Bahkan dari gigi Ötzi dan makanan yang tersisa bisa mengindentifikasikan apa yang dimakan Ötzi dan manusia lainnya saat itu.

Ada berbagai sisa pakaian dan tampilan Ötzi yang memprediksi apa pekerjaannya, jenis bahan pakaian yang dipakai hingga alas kaki yang dipergunakan saat itu. Menarik sekali! Semua informasi disajikan dalam tiga bahasa: Bahasa Jerman, Bahasa Italia dan Bahasa Inggris.

Hal menarik bagi saya, Ötzi itu bertato. Jadi tato sudah ada jauh sebelum masehi yang kini mungkin menjadi bagian gaya hidup. Ötzi memiliki 61 tato dalam tubuhnya. Mengapa Ötzi atau manusia pada jaman itu bertato? Pastinya bukan tentang gaya hidup.

Jumlah tato itu masih prediksi, tetapi ini memunculkan dugaan bahwa titik tato bukan diletakkan berdasarkan keinginan. Menurut perkiraan ahli, titik tato berkaitan dengan lokasi Akupunktur yang dulu menjadi bagian dari medis.

Lepas dari Ötzi, hal menarik adalah bagaimana Òtzi ini meninggal. Dari bentuk tubuhnya, para ahli memperkirakan bagaimana Ötzi meninggal. Kuat dugaan dia dibunuh. Perkiraan diperkuat dari cedera pada tubuhnya atau bagaimana serangan itu dilakukan pada pria ini dari belakang. Ini bisa menjadi kasus kejahatan paling tua yang belum terpecahkan.

Semua adalah misteri yang sampai sekarang masih dipecahkan oleh ahli dan kecanggihan teknologi. Tampilan Òtzi sendiri adalah rekaan seniman berdasarkan rekaan para ahli.

Apa Anda tertarik mengetahui lebih banyak tentang Ötzi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s