Bulan Purnama Mengganggu Tidur, Bagaimana dengan Anda?

Dalam obrolan ringan dengan beberapa rekan kerja atau teman minum kopi orang-orang Jerman, kadang saya menjumpai pernyataan bahwa mereka tidak bisa tidur nyenyak semalam. Lalu mereka mengatakan bahwa semalam itu ‘Vollmond’ atau Bahasa Indonesia disebut sebagai bulan purnama.

Semula saya abai soal isu gangguan tidur dengan bulan purnama. Rupanya saya mengalaminya juga. Di Jerman saya begitu perhatian tentang cuaca atau kondisi alam sekitar. Bahkan ibu mertua saya rajin membaca buku tentang ilmu perbintangan untuk berkebun. Saya kadang sudah mengetahui kapan bulan purnama datang.

Benar saja, saya tersugesti tidak bisa tidur saat bulan purnama. Keesokan harinya, saya sudah tampak mengantuk dan mengeluh bahwa semalam saya tidak bisa tidur karena bulan purnama. Orang yang mendengarnya memaklumi alasannya.

Meski ada banyak faktor gangguan tidur, saya belum menjumpai alasan bulan purnama sebagai penyebabnya. Itu sebab saya bagikan pengalaman dan pencarian saya, apakah benar bulan purnama menyebabkan gangguan tidur?

Baru-baru ini saya membaca majalah milik ibu mertua yang membahas topik penelitian tentang kaitan bulan purnama dengan gangguan tidur. Penelitian ini dilakukan karena banyak orang mengeluh sulit tidur saat malam bulan purnama. Padahal tidur berkualitas itu sangat baik untuk kesehatan.

Dari hasil bacaan saya tersebut menyebutkan bahwa saat bulan purnama malam begitu terang. Ini yang menjadi penyebab orang sulit tidur lebih nyenyak. Dalam tubuh, hormon melatonin bertugas mengatur fase tidur dan bangun. Nah pada malam bulan purnama, tingkat hormon melatonin berkurang pada malam bulan purnama.

Hasil penelitian (2013) juga menyebutkan bahwa responden penelitian membutuhkan waktu rata-rata 5 menit untuk dapat tidur dan 20 menit untuk bangun lebih awal keesokan harinya. Cahaya yang terang pada bulan purnama menghambat pembentukan hormon melatonin.

Tentu, kita bisa menyiasati agar bisa tidur lebih nyenyak saat malam bulan purnama. Saran terbaik adalah menggelapkan kamar tidur dan menghalangi cahaya terang ke kamar tidur.

Apakah Anda juga mengalami gangguan tidur saat malam bulan purnama?

2 thoughts on “Bulan Purnama Mengganggu Tidur, Bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.