3 Alasan Kita Perlu Tertawa

Saya menyatakan diri saya sebagai orang yang humoris. Mungkin itulah saya yang selalu mengambil sisi lucu saat ada sisi menyebalkan dan mengecewakan dalam hidup.

Seserius apa pun hidup ini, saya berpikir selalu ada sisi lucu yang patut ditertawakan termasuk saya sendiri yang kadang terlalu serius memikirkan arti kehidupan. Contohnya saat saya serius memaknai hidup saya, suami saya, partner hidup saya tak peduli dengan keseriusan saya. Bukankah itu lucu? Kami berdua pun tertawa konyol bersama.

Baiklah, berikut 3 manfaat mengapa kita perlu tertawa.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Ada lagu rohani yang dulu sering saya nyanyikan dengan lirik: “Hati yang gembira adalah obat.” Semua sepakat bahwa tertawa adalah obat terbaik di dunia. Bukan tanpa alasan orang berpendapat demikian. Tertawa bekerja lebih cepat memberi keseimbangan pikiran dan tubuh.

Tertawa meringankan beban Anda karena Anda bisa melepaskan kemarahan dan melupakan kesalahan secara cepat. Saat tertawa, suasana hati akan terasa lebih baik, mengurangi rasa sakit dan melindungi diri dari stress. Tertawa baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Tertawa itu tak bernilai karena mudah, murah, gratis dan menyenangkan.

Itu sebab ada pilihan terapi tertawa untuk kesehatan yang bisa dipilih dan diikuti. Tertawa menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel kekebalan dan antibodi penangkal infeksi, sehingga meningkatkan daya tahan Anda terhadap penyakit. Tertawa juga membakar kalori.

2. Meningkatnya hidup yang bernilai

Hidup yang terlalu serius justru membosankan. Tertawa mengubah perspektif tentang nilai hidup. Tertawa itu realistis yang menciptakan suasana psikologis untuk menghindari beban dan konflik. Tertawa membuat kita rileks.

Tertawa yang membahagiakan saat kita bisa tertawa bersama orang lain. Bukankah momen itu begitu bernilai dari pada kita tertawa sendirian? Tertawa bersama membuat ikatan kebersamaan sosial. Tertawa itu membangkitkan spontanitas bahwa hidup begitu berarti.

3. Mengurangi rasa sakit

Saat kita tertawa, kita tidak lagi merasa cemas, marah atau sedih. Kita menjadi rileks saat tertawa, stres berkurang dan ini berdampak pada kesehatan fisik juga mental.

Tertawa itu membakar kalori. Tertawa selama 10-15 menit sudah membakar kalori. Tertawa melindungi kesehatan jantung. Hal terpenting adalah tertawa itu salah satu rahasia panjang umur menurut salah satu orang tertua di dunia.

Kesimpulan

Saya cuma ingin katakan biarlah hidup berjalan dengan misterinya agar Anda tahu maknanya. Milikilah rasa humor, tontonlah film komedi atau tertawakan kekonyolan Anda!

Semua ini hanya sebuah kesadaran bahwa hidup itu sudah bermakna, tidak seserius seperti pemikiran Anda. Jika Anda masih mencari makna hidup, tertawalah! Jangan simpan tawa Anda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s