Makanan Khas Asia (83): Cumi Saus Hoisin

Makanan berikutnya yang mungkin sudah sering saya bahas adalah saus Hoisin yang begitu khas ditemukan di restoran Asia di Jerman. Seperti biasa, pilihan menu makanan yang dipilih adalah cumi. Wah, rasanya nikmat sekali!

Daging cumi diiris seperti memberi dekorasi yang indah pada makanan tersebut. Kemudian ada sayuran warna-warni lengkap untuk menambah citarasa masakan. Dilengkapi nasi putih, Anda bisa bayangkan bahwa ini lezat bagi penikmat masakan Asia.

Seperti yang dijelaskan di awal, saus Hoisin menjadi salah satu pilihan dari sekian saus yang bisa dipilih. Bahkan saus Hoisin pun kini mudah diperoleh di supermarket sehingga kita bisa mencobanya memasaknya sendiri di rumah.

Warna hitam yang dihasilkan pada saus hoisin bukan berasal dari makanan laut. Setelah saya cari tahu, ternyata terbuat dari kedelai panggang yang ditumbuk. Itu sebab warna dan kekentalannya pun mirip dengan kecap yang biasa kita jumpai di Indonesia. Hanya saja rasa saus hoisin tidaklah manis, seperti kecap kebanyakan di Indonesia.

Nah, semua tergantung selera Anda. Ada kecap, Soja sauce atau saus Hoisin yang bisa menjadi pilihan citarasa masakan Anda di rumah.