Italia (20): Chiesa Monumentale Sant Andrea Apostolo di Toscolano Maderno

Chiesa Monumentale Sant Andrea Apostolo tampak keseluruhan.

Hari ini adalah hari libur di tempat tinggal saya, yang disebut libur Ostermontag. Hari libur ini diadakan satu hari setelah Minggu Paskah (=Ostersonntag). Kami libur sejak Jumat Agung atau hari Jumat lalu hingga Senin ini untuk merayakan Paskah bersama keluarga. Oleh Karena itu, Postingan hari ini berbicara tentang Gereja Katolik yang pernah dikunjungi di Italia beberapa waktu lalu.

Kami berkunjung beberapa waktu lalu ke Gardasee, di Italia tempat wisata yang sering dikunjungi orang-orang di sini. Salah satu program wisata adalah berkeliling ke sekitarnya, termasuk kami mendapati Gereja yang sudah sangat tua, yang dulu sempat dijadikan kuil pemujaan zaman pagan. Reruntuhan atau fondasinya kemudian didirikan Gereja Katolik.

Altar bawah tanah dan makam orang kudus.

Letak Gereja Santo Andreas Apostolo itu berada di pusat Kabupaten Toscolano Maderno, Italia. Kita mungkin biasanya menyebut area tersebut sebagai alun-alun karena menjadi sentra transportasi dan perbelanjaan. Gereja tua ini dibangun abad 12 dari bekas fondasi kuil pemujaan bagi masyarakat setempat sebelum masehi.

Bagian dalamnya.

Pada masa jemaat Kristen Awal, ibadah dilakukan setelah muncul Dekrit yang dikeluarkan Kaisar Flavius Honorius (384-423 M). Akibatnya kuil tersebut tidak lagi berfungsi. Di sini kita masih bisa melihat sisa-sisa interiornya. Kemudian inisiatif muncul menjadikan tempat ini menjadi makam dari Uskup Brescia, yang menjadi pelindung Riviera.

Bagian sisi dalam lainnya.

Meski sarkofagusnya sudah dipindahkan ke Paroki yang baru, tetapi kita masih bisa melihat makamnya di bawah Altar. Tempat ini kemudian dikenal sebagai Chiesa di Sant Andrea Apostolo dimana pada bagian belakang terdapat menara yang tinggi. Menara dibangun tahun 1469. Sepertinya ini sudah tak berfungsi lagi buat pengunjung.

Chiesa Sant Andrea Apostolo telah memamerkan bata putih, abu-abu muda dan sedikit merah muda. Interior bangunan banyak didominiasi lukisan dinding yang didekorasi cat atau ukiran. Altar utama dinaikkan dan dipisahkan sehingga masih ada altar bawah utama yang gelap.

Tampak seberang adalah pemandangan Danau Gardasee.

Di depannya terdapat bangunan seperti teater dengan berdiri tegak patung Santo Herculanus. Berada di tengah kota dan bandar pelabuhan, lokasi ini penuh oleh lalu lalang orang tiap hari. Sedangkan turis seperti kami bisa memandang keindahan Danau Gardasee, danau terluas di Italia yang menjangkau tiga provinsi di Italia.

Cerita kunjungan ke Gardasee akan diceritakan selanjutnya.