Makanan Khas Yunani (13): Melitzanosalata, Salad Terong Ungu Dipanggang dan Dihaluskan

Ilustrasi.

Apa yang saya ingat makanan asal Yunani adalah salad dan zaitun. Itu yang sering saya dapatkan tiap memesan. Begitu pun dengan makanan berikut semacam salad untuk makan malam atau hidangan pembuka dengan roti.

Kuliner berikut bernama Melitzanosalata yang sebenarnya berasal dari dua suku kata. “Melitzana” itu sendiri adalah terong sedangkan “Salata” adalah salad. Secara harafiah, makanan ini adalah salad terong.

Konon di Yunani, hidangan ini biasa dijumpai di wilayah pedesaaan. Lainnya menyebutkan hidangan ini bisa menjadi Side dishes untuk makanan serba panggang seperti ikan atau daging.

Salad terong ini adalah buatan teman baik saya yang membuat kuliner Indonesia, Rusia atau Yunani. Ketika dia menawari saya membantunya, saya pikir ini bisa menjadi konten yang bisa dibagikan pada Anda.

Untuk membuat salad terong, kita perlu terong ungu, bawang putih, bawang merah, air lemon, peterseli dan minyak zaitun extra virgin. Sebelum terong dihaluskan, kita perlu memanggangnya selama satu jam hingga benar-benar masak.

Pilihan lain untuk memanggang adalah kita bisa memasukkan bersamaan dengan daging yang hendak dipanggang. Contoh kita bisa memanggang bersama ayam selama 10-20 menit. Perhatikan bahwa terong benar-benar masak sempurna, sehingga kita bisa menguliti kulitnya dan mengambil isiannya.

Begitulah salad terong bisa menjadi santapan istimewa di malam hari yang diolesi ke roti. Itu menjadi ide teman saya untuk menikmati Melitzanosalata.

Apa Anda tertarik mencobanya?