Ceko (11): Kremrole, Kue Gulung Isi Krim Vanila yang juga ada di Jerman

Kiri: Schaumrollekuchen tampak sempurna. Kanan: Kue Schaumrollen yang dibeli sebagai street foods di Ceko.

Suatu hari kami bertandang ke salah satu negeri tetangga Jerman, Ceko. Kami berkunjung ke salah satu area aktraksi turis yang akan diceritakan kemudian. Sampai di Ceko, saya mendapati kerumunan dan keriaan pasar kaget, semacam pasar rakyat yang digelar di jalanan.

Tentunya ini sangat menarik untuk saya, apalagi saya bisa mencari kuliner yang menarik di sana. Kuliner Ceko dan Jerman tidak jauh berbeda, seputar Wurst, sosis dan aneka roti yang benar-benar tidak ada perbedaan mencolok.

Hingga akhirnya saya mendapati jajanan manisan karena saya ingin menghabiskan uang Koruna Ceko di tangan. Seringnya saya pergi ke negara tetangga yang berbeda mata uang, maka saya harus perhitungkan untuk membelanjakannya.

Pilihan Street Foods adalah jajanan manisan yang semula ingin saya praktikkan di dapur sendiri, hanya saja saya sedang tidak ada waktu. Rupanya jajanan kue manisan ini ada juga di Jerman. Artinya kuliner Jerman dan Ceko tak berbeda jauh, termasuk pastry.

Nama kue tersebut dalam Bahasa Ceko adalah Kremrole. Di Jerman, kue tersebut ada yang menyebutnya Schillerlocke atau Schaumrollekuchen. Namun pada dasarnya, penyebutan berbeda tetapi rasa dan tampilan sama. Saya pernah melihat beberapa kedai kafe menyajikan kue ini dengan secangkir kopi, tetapi saya melewatkan penawaran tersebut.

Kiri: Nama kue yang tertera dalam Bahasa Ceko. Kanan: Kue Kremrole yang kami beli.

Akhirnya kami berdua mencicipi kue berisi krim vanila yang lembut. Kue ini terbilang mudah karena seorang kenalan mahasiswa asal Ceko menggunakan puff pastry untuk membuat kuenya itu sendiri. Untuk membuat “sarang” sebelum diisikan krim vanila, kita pakai puff pastry yang tersedia supermarket.

Berbagai petunjuk resep berseliweran di jagat maya, Anda bisa mempraktikkan di rumah. Sedangkan isiannya pun mudah. Sama seperti saya membuat isian kue gulung rasa pisang dan vanilla, dengan resep yang ditautkan. Hanya saja, Anda bisa hilangkan pisangnya.

Pertama kali, kita buat “sarang” kue yang dibentuk dari puff pastry. Anda bisa gunakan gelas atau cetakan kue untuk menghasilkan bentuk seperti “sarang” begitu. Panggang dalam oven selama sekian menit. Kemudian siapkan isian krim vanila seperti yang dijelaskan di atas.

Nah, tertarik mencobanya?