Bunga Delphinium, Bunga Cantik yang Beracun

Bunga yang satu ini tampak berbeda dari kebanyakan bunga yang saya bahas. Bunga ini tumbuh cepat berbunga dibandingkan bunga lainnya.

Bunga delphinium ternyata juga termasuk bunga yang bernilai karena harganya di pasaran yang mahal ketimbang bunga lainnya. Bunga ini punya sedikitnya 300 jenis yang berbeda. Sumber lainnya menyebut jenisnya mencapai lima ratusan yang memikat.

Saya sendiri pernah tergoda melihat bunga delphinium warna biru muda dan ungu yang memikat. Bunganya cantik di tengah sinar matahari.

Konon bunga ini sendiri memerlukan banyak sinar matahari sedikitnya enam jam. Maklum saja bunga delphinium ini senang dengan sinar matahari untuk perkembangan bunganya yang cepat. Konon bunga ini berasal dari area tropis seperti Afrika.

Bunga delphinium ini bila banyak dan punya jenis bunga yang berbeda akan tampak sangat indah. Bunga delphinium berkembang cepat dan berlipat ganda di tahun berikutnya. Kita bahkan bisa membiakkannya dengan mudah.

Pertama pilihlah potongan bunga yang sehat untuk ditanam kembali. Perhatikan juga cara memotongnya agar tidak merusak batang bunganya.

Hal lain yang diperhatikan adalah batang yang berubah warna atau mahkotanya yang terkikis. Akar bunga ini juga jangan sampai rusak bila kita ingin menanamnya lagi.

Dari sekian literatur yang saya cari adalah bunga cantik dan mempesona ini beracun. Jika bunga lain bisa disajikan sebagai aksesoris makanan, tetapi tidak dengan bunga jenis ini.

Seorang kenalan mengaku mencoba mengunyah bunga ini dan mengalami sakit perut. Percobaan yang membahayakan menurut saya.

Sebaiknya kita segera mencuci tangan setelah memegang bunga ini. Bunga delphinium dapat menyebabkan iritasi kulit.

Semua bagian bunga delphinium mengandung alkaloid diterpenoid dan biji bunganya beracun karena mengandung alkaloid. Begitulah cantik tetapi beracun bisa jadi simbol tersendiri untuk bunga delphinium.

Alasan di atas menyebabkan saya tidak ingin memelihara dan merawatnya di taman belakang rumah. Namun bunga ini tumbuh liar di belahan bumi lainnya. Kecantikan bunga ini memang mempesona siapa saja, termasuk saya melihatnya beberapa kali.

Apakah Anda pernah melihat bunga delphinium ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.