Teh Warna Merah Darah? Ini Manfaat Teh Rasa Rose Hip

Teh berikut yang saya bagikan pada Anda rasanya asing bagi saya saat masih di Indonesia. Itu sebab saya bagikan pada Anda karena saya sendiri kini sering mencobanya di rumah. Warna air teh yang dihasilkan menjadi warna merah darah. Apakah ini adalah teh mawar?

Aneka ragam teh pernah saya bahas sebelumnya saat saya bertandang ke Mesir dengan ceritanya di link ini. Namun sebetulnya, saya sudah membahas tentang manfaat teh lainnya yang bisa dicek di link ini. Di Mesir ada kebiasaan masyarakat menyuguhkan teh Hibiscus pada tamu yang datang.

Baca: Manfaat macam-macam teh

Jika menilik namanya, jelas bahwa teh rose hip bukan berarti teh bunga rosella. Saya sendiri pernah mencoba teh rosella dan juga minuman sari mawar yang biasanya sedikit diberikan pada minuman manggo lassi di restoran khas India. Keduanya jelas berbeda.

Begitu banyak orang menyebutnya sebagai teh mawar karena warna air menjadi merah seperti bunga mawar. Teh rose hip ini langsung mengubah air menjadi warna merah tua. Lihat saja warna air berubah menjadi merah darah.

Saya sendiri tidak dapat menemukan padanan kata “Rose Hip” dalam Bahasa Indonesia. Di Jerman teh ini disebut sebagai Hagebuttentee atau Teh Hagebutte. Teh ini masuk kategori teh aroma buah-buahan dan terasa sedikit asam.

Dalam pencarian informasi tentang pembuatan teh ini. Pucuk mawar liar ini disebut sebagai hip sehingga kemudian kita menyebutnya rose hip. Bersihkan pucuk mawar dari bijinya. Hancurkan pucuk mawar saat masih segar. Simpan hingga kering. Biasanya kita membutuhkan waktu sampai 1 minggu.

Pucuk mawar ini rupanya sangat baik untuk nutrisi tubuh dan meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Manfaat lainnya adalah kandungan vitamin C dan antioksidan akan baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Saya sering mengonsumsinya sekarang karena manfaatnya yang baik untuk tubuh.

Apakah ini adalah teh hibiscus yang pernah saya cicipi saat bertandang ke Mesir?

Tidak. Teh Rose Hip itu rupanya mirip dengan teh Hibiscus karena air teh yang dihasilkan keduanya berwarna merah. Selain itu, kedua teh rose hip dan hibiscus teh memiliki manfaat yang sama-sama baik untuk tubuh. Namun dua teh ini baik teh Hibiscus maupun teh Rose Hip adalah dua teh yang berbeda.

Kadang orang mencampurkan Hibiscus dan Rose Hip untuk menghasilkan warna merah yang cerah dan teh terasa asam. Di supermarket di sini kita bisa dapatkan kemasan praktis teh yang sudah dicampurkan keduanya atau terpisah, tergantung selera.

Namun kedua teh ini benar-benar berbeda, Rose Hip sendiri seperti yang dijelaskan di atas memang berasal dari mawar liar sedangkan hibiscus berasal dari Rosella atau Roselle, yang juga disebut hibiscus sabdariffa. Bisa jadi warna merah dihasilkan dari warna tanaman Roselle sendiri yang sudah berwarna merah sedikit oranye.

Karena keduanya mirip saat disajikan sebagai teh, kebanyakan orang menjualnya menjadi satu paket antara Rose Hip dengan Hibiscus. Apalagi manfaatnya benar-benar terasa double. Tanaman Roselle sendiri kebanyakan ada di area Timur Tengah sehingga ini menjadi minuman khas yang disajikan ke tamu.

Apakah Anda sendiri pernah menikmati teh merah seperti Rose Hip atau teh Hibiscus?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s