10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bavaria, Jerman

Bavaria adalah satu dari enambelas negara bagian di Jerman. Bavaria atau Bayern bagi orang Jerman yang menyebutnya terletak di bagian tenggara negara Jerman. Bavaria merupakan negara bagian terluas di Jerman dibandingkan negara bagian lainnya.

Saya terkesan dengan kultur, tradisi dan dialek penduduk Bavaria yang masih dipertahankan sampai sekarang. Saya pernah cerita bagaimana saya mempelajari dan memahami dialek bahasa sehari-hari yang digunakan penduduk Bavaria dengan cerita saya bisa dicek di link ini.

Kini saya bercerita secara khusus tentang tempat favorit apa saja yang dikunjungi wisatawan bila datang ke Bavaria. Bagaimana pun panorama dan keindahan alam di Bavaria memberi pesona tersendiri pecintanya, termasuk saya yang jatuh cinta dengan alamnya. Nah, ini 10 rekomendasi bila Anda ingin ke negara bagian Bavaria atau orang Jerman menyebutnya Bayern.

1. Munich/München

Kota Munich merupakan kota terbesar dalam hal populasi setelah Berlin dan Hamburg. Munich atau orang Jerman menyebutnya München adalah ibu kota dari negara bagian (=Bundesland) Bavaria. Munich sebagai kota tujuan wisata punya pesonanya tersendiri. Sebagaimana yang pernah saya ulas dalam 6 lokasi plesiran gratis di Munich. Turis mancanegara akan memadati Munich saat Oktoberfest berlangsung. Hmm, sebaiknya turis yang datang saat Oktoberfest akan merasakan sulitnya mendapatkan akomodasi hingga harga tiket pesawat yang sedikit mahal.

2. Kastil Neuschwanstein

Begitu tiba di Munich, kunjungi pula kastil Neuschwanstein mempesona yang menjadi inspirasi kartun Walt Disney. Di Hauptbahnhof München atau stasiun kerete utama, Anda akan menjumpai paket tur untuk ke kastil yang melegenda itu. Kastil ini dibangun oleh Ludwig II, raja Bavaria dari 1864 hingga kematiannya pada tahun 1886. Ada banyak mitos yang terjadi seputar pembangunannya hingga kematian Raja Ludwig II tersebut.

3. Königsee

Berikutnya adalah Königsee yang merupakan danau tercantik di Jerman. Pemandangan alam di sekeliling pegunungan membuat siapa saja jatuh hati pada danau ini. Di Bavaria sendiri saya sering mendapati danau-danau indah, mulai yang tak berbayar alias gratis sampai yang perlu kapal wisata sehingga perlu membayarnya. Danau adalah wisata alam yang tak perlu dikomersialkan, tetapi kita perlu membeli tiket kapal wisata untuk menjelajahi keindahan danau-danau tersebut.

4. Nürnberg

Kiri: Gereja St. Lorenz. Kanan: Gereja Frauenkirche.

Munich adalah kota terbesar pertama di Bavaria dan Nürnberg atau Nuremberg adalah kota kedua terbesar. Bila Anda membaca artikel saya sebelumnya tentang Christkindlmarkt atau pasar menjelang Natal di Jerman, Nuremberg menjadi perintis yang menggelar keramaian masyarakat Jerman menyambut Natal. Konon kota ini tercatat telah ada sejak tahun 800 Masehi.

5. Zugspitze

Tempat kelima yang direkomendasikan adalah puncak tertinggi di Jerman, Zugspitze. Lokasi tertinggi ini dapat dilihat dari empat negara seperti Jerman, Austria, Italia dan Swiss. Ya, Zugspitze kini menjadi area wisata menarik untuk melihat negeri di atas awan yang sesungguhnya. Di sini Anda bisa melihat langit biru membentang dengan awan putih yang tampak begitu dekat. Tak usah khawatir kita tak perlu mendaki, tetapi kita bisa naik kereta khusus ke sana. Ini seperti pengalaman negeri di atas awan.

6. Rothenburg ob der Tauber

Dilihat dari tata kota, Rothenburg Ob der Tauber pernah menjadi kota terbesar di Jerman pada Abad Pertengahan sebelum kita mengenal kota-kota besar seperti Berlin atau Munich misalnya. Sayangnya perang dan bencana alam membuat kota ini tak lagi sempurna seperti masa kejayaannya. Bangunan yang masih terawat dijadikan inspirasi film kartun dan setting film Abad Pertengahan.

7. Würzburg

Kota selanjutnya di Bavaria yang patut dikunjungi adalah Würzburg yang pernah menjadi Residen Kepatihan Bavaria sejak abad 18. Bangunan bergaya baroque dan rococo tampak memenuhi bagian kota tua. Cerita saya soal kota ini bisa dilihat di link yang ditautkan.

8. Regensburg

Kota berikutnya yang saya rekomendasikan adalah Regensburg. Regensburg masih dalam wilayah Bavaria yang terletak di sebelah tenggara sungai Donau atau disebut juga Danube. Oh ya, Regensburg juga dilalui tiga sungai berbeda dimana salah satunya danube, atau di sini dikatakan donau. Regensburg menjadi wajib dikunjungi karena menyimpan kekayaan historis yang dilindungi dunia.

9. Bavarian Forest (Bayerischer Wald)

Tempat kesembilan adalah hutan Bavaria yang sudah menjadi The National Park sejak tahun 1970. Letaknya di perbatasan Jerman – Ceko, pesona hutan ini memang tidak ada duanya. Hijaunya pemandangan hutan dan pegunungan yang asri di Bavaria memang tidak tergantikan. Bagi pencinta alam, Bavaria layak untuk ditelusuri.

Cerita kunjungan ke Taman Nasional ini menyusul.

10. Passau

Terakhir adalah kota tiga sungai, Passau. Bayangkan kota ini diapit oleh sungai Danube, sungai Ilz dan sungai Inn. Kota ini juga disebut a little Venice of Bavaria. Kota kecil berpenduduk lima puluh tiga ribu orang ini telah ada sejak abad 1 Masehi. Jejak kejayaan kekaisaran romawi bisa kita temukan jelas jejaknya di kota ini. Cerita kota Passau bisa Anda baca di sini.

Nah, Anda akan memprioritaskan ke destinasi wisata yang mana jika Anda datang ke negara bagian Bavaria di Jerman?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.