Makanan Khas Balkan (5): Djuvec Reis, Nasi Paprika Merah atau Nasi Goreng

Djuvec Reis yang begitu nikmat bersama Cevapcici.

Jenis kuliner berikut berasal dari negeri Balkan. Saat kami mengunjungi Balkan, menu ini biasa disajikan selain Cevapcici. Djuvecreis adalah Side dishes wajib yang menjadi pilihan selain kentang goreng. Tentang Djuvecreis sebenarnya sudah dibahas sebelumnya, sila cek Link yang ditautkan.

Ada yang menyebut Djuvecreis sebagai nasi pedas karena warna merah yang menjadi penampakannya. Bagi saya Djuvecreis itu tidak pedas sama sekali. Warna merahnya dihasilkan dari paprika. Itu sebab lainnya menyebut Djuvecreis sebagai nasi paprika.

Penasaran dengan Djuvecreis, ibu mertua menyajikannya di makan siang bersama saya. Dia membuatkan khusus Djuvecreis dan ayam panggang. Saya benar-benar menghargai usahanya untuk menyajikan menu istimewa kesukaan saya, nasi dan ayam panggang.

Berhubung begitu banyak olahan nasi sesuai budaya yang disajikan seperti Nasi Basmati yang kerap disajikan di restoran khas Timur Tengah atau India, Nasi Paella dari Spanyol hingga Nasi Kabse yang berbumbu khas Timur Tengah. Namun saya belum membahas lebih detil Djuvecreis.

Djuvec Reis buatan sendiri dengan ayam panggang.

Djuvecreis berasal dari kata “đuveče” dalam Bahasa Serbia yang berarti “Digoreng” yang sebenarnya saat dimasak pun tidak digoreng seperti nasi goreng dari Indonesia pada umumnya. Djuvecreis adalah hidangan nasional dari negeri yang dulu disebut Yugoslavia. Namun hidangan ini bisa ditemui di Kroasia, Turki, Yunani bahkan Jerman.

Migrasi telah membuat kuliner berkembang pesat di Jerman. Djuvecreis sendiri dimasak dengan direbus seperti umumnya orang-orang Eropa memasak nasi. Beras dimasak bersamaan sayuran terutama paprika merah, kaldu yang disesuaikan selera, bawang yang diiris halus dan saus tomat.

Ibu mertua biasa memasukkan air yang sudah berkaldu, sementara cara lain adalah memasukkan daging yang dikehendaki untuk dimasak bersamaan. Ada yang mencampurkannya dengan daging kambing, daging sapi atau daging ayam.

Sayuran yang dikehendaki sesuai selera, tetapi paprika menjadi sayuran wajib. Warna merah berasal dari bubuk paprika dan saus tomat. Sementara warna pada nasi goreng berasal dari cabai halus, kecap manis dan kadang kunyit yang dihaluskan.

Begitulah salah satu nasi yang dikenal di Eropa dan mungkin Anda tertarik mencobanya di rumah. Sajikan dengan makanan panggang sesuai selera Anda seperti ayam panggang atau sate. Kalau berhasil mempraktikkan di rumah, sila colek saya ya.