Makanan Khas Asia (86): Jjamppong, Korean Spicy Seafood Noodle Soup

Jjamppong buatan sendiri.

Berada di Jerman dan mengenal kenalan dari berbagai bangsa membuat saya belajar soal kuliner mereka juga. Saya bisa memperkenalkan kuliner Indonesia kepada mereka. Begitu pun mereka memperkenalkan kuliner mereka pada saya, seperti makanan sea food kesukaan saya berikut.

Setelah mereka tahu bahwa saya suka pedas maka saya mengenal berbagai bumbu asal negeri Samsung ini. Padahal dulu di waktu saya berada di negeri Samsung tersebut, saya tidak terpikir untuk mencicipi ini dan itu. Namun sekarang, saya suka makanan negeri gingseng dengan mengenal Gochujang dan Gochugaru.

Korean spicy seafoods noodle soup ini bisa kok dibuat sendiri di rumah. Saya berikan petunjuk membuatnya. Anda bisa kreasikan sayur sesuai selera.

Jjamppong ideal.

Sementara saya gunakan sawi hijau saja, Anda bisa manfaatkan seperti wortel, jamur Champignon, sawi putih, atau lain sebagainya. Silakan kreasikan juga pakai telur rebus atau kasih tambahan keju Cheddar pun bisa sebagai hasil akhir.

Karena makanan ini tentang Seafood, pastikan Anda tidak alergi dengannya. Lalu saya gunakan kaldu Seafood dari air rendaman Seafood selama tiga puluh menit. Untuk kaldu air lainnya, Anda bisa gunakan juga ikan asin. Caranya rebus ikan asin dalam air secukupnya. Lalu air rebusan ini bisa menjadi air kaldu rasa Seafood.

Bumbu yang digunakan adalah bawang bombay dan bawang putih dicincang halus. Untuk bumbu campuran lainnya adalah Gochujang, Gochugaru, madu, jahe bubuk, lada bubuk, paprika bubuk, kecap asin, Sojasauce, pasta tomat dan kaldu ayam/kaldu sapi. Semua sesuaikan dengan selera Anda. Karena stok Gochujang saya tak banyak, saya tambahkan pasta tomat agar kuah mengental.

Pertama, masak dulu mie hingga matang. Kedua, siapkan bumbu campuran dalam satu wadah. sehingga memudahkan untuk memasak. Ketiga, panaskan wajan dan masukkan minyak sayur. Kemudian, tumis bawang bombay dan bawang putih yang dicincang.

Langkah selanjutnya, masukkan seafood sesuai selera Anda. Masukkan juga sayuran yang dikehendaki. Tumis sebentar bersamaan dengan bawang hingga harum. Masukkan kuah kaldu Seafood atau air kaldu ikan asin. Masak hingga matang.

Sajikan mie dengan kaldu Seafood dan sayuran yang semuanya sudah matang. Anda bisa tambahkan telur atau keju Cheddar jika ingin. Suwer, ini enak sekali!

Selamat mencoba di rumah!