Makanan Khas Italia (41): Lasagna, Variasi Pasta Berlapis yang Masuk Kategori Tertua

Lasagna bisa jadi tak asing lagi bagi Anda karena makanan ini adalah salah satu masakan yang cukup populer dan sudah mendunia, selain Pizza tentunya. Kali ini saya akan membahas Lasagna yang sebelumnya juga sudah pernah dibahas dengan mengklik tautan ini.

Saya tahu bahwa Lasagna ini termasuk makanan yang super creamy sehingga rasanya sudah pasti dipenuhi keju. Usut punya usut ternyata di sini saya menjumpai aneka ragam keju. Itu sebab Lasagna menggunakan keju yang tentu saja tidak sembarangan. Keju yang digunakan bisa ricotta, mozzarella dan parmesan.

Belum lagi isian Lasagna adalah daging cincang bersaus yang membuat penggila makanan Italia, Lasagna adalah menu yang aduhai nikmat. Daging sapi giling yang digunakan ditambah saus tomat khusus. Tentu saja rempah-rempah khas kuliner Italia tidak pernah dilupa seperti bawang putih, oregano dan basil.

Di supermarket di sini saya bisa mendapatkan pilihan membuat Lasagna mulai dari meracik sendiri hingga kemasan Lasagna praktis yang tinggal dihangatkan saja di Microwave. Ada juga starter paket yang berisi kulit pasta dan saus tomat. Kita hanya menambahkan daging sapi giling yang fresh.

Konon Lasagna sesuai nama yang diberikan berisi empat lembar pasta, yang tiap lembarnya disebut Lasagna. Karena ada lapisan pasta lebih dari satu, sehingga mereka menyebut kata Lasagne sebagai kata jamak.

Saya baru tahu kalau Lasagna ini merupakan jenis pasta tertua. Isiannya disesuaikan lagi dengan rasa bumbunya. Ada yang disebut Lasagna Al-Forno atau Lasagna Bolognese. Bagi teman-teman saya di sini yang vegan atau vegetarian pun isian Lasagna bisa disesuaikan selera. Saya baru tahu Lasagne Vegetarian atau Lasagna rasa bayam.

Nah, bagaimana pengalaman Anda sendiri menikmati Lasagne?